Bang Yos Bicarakan Pemotongan Anggaran BIN dengan DPR

Surya Perkasa    •    10 September 2015 12:12 WIB
bin
Bang Yos Bicarakan Pemotongan Anggaran BIN dengan DPR
KaBIN Sutiyoso--Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggaran Badan Intelijen Negara tahun 2015 sebesar Rp2,6 triliun dinilai terlalu kecil. Ironisnya, jumlah itu masih akan dipangkas pada 2016 oleh Kementerian Keuangan.

"Yang kita bicarakan (dengan Komisi I DPR), pertama anggaran," kata Kepala BIN Sutiyoso di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso mengatakan, pemotongan anggaran menjadi masalah. Rencana BIN memodernisasi perlengkapan niscaya terhambat. "Nah kalau dipotong itu tentu tidak akan bagus produk-produk (intelijen) kita," imbuh Gubernur ke-15 DKI Jakarta, itu.

Dia membantah, BIN meminta anggaran sampai Rp10 triliun. Anggaran yang diusulkan BIN Rp2 triliun, tak beda jauh dengan anggaran 2015. "Mana ada Rp10 triliun, harus bisa bedakan omongan guyonan dengan serius. Sekitar Rp2 triliun sekian," terangnya.

Selain anggaran, KaBIN juga akan membahas potensi gerakan separatis dan terorisme, serta pengamanan Pilkada. BIN masih menilai Pilkada akan berlangsung aman walau ada kemungkinan gejolak di masyarakat. "Kita ada satgas pengamanan pilkada melibatkan semua pemda-pemda. Hasil analisis aman," tegas Sutiyoso.‎


(YDH)


Video /