Menko Rizal: Pembangunan Pipa Pertamina Tidak Efektif

Gervin Nathaniel Purba    •    10 September 2015 17:35 WIB
pertamina
Menko Rizal: Pembangunan Pipa Pertamina Tidak Efektif
Pipa Pertamina ANTARA/R Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan rencana PT Pertamina (Persero) membangun proyek storage (tangki penyimpanan) bahan bakar minyak (BBM) dan pipa distribusi BBM tidak efektif.

"Itu tidak urgent. Karena selama ini BBM diangkat dengan truk-truk diangkat lewat kapal. Kalau kita bangun jaringan pipa BBM itu, bisa bangkrut tracking bisnis, dan lain-lain," ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Selain itu, diperlukan adanya kehati-hatian dalam membangun jaringan pipa distribusi BBM dari segi keamanannya. Dirnya khawatir jika ada teroris yang menaruh satu atau dua bom akan menghancurkan seluruh pipa.

"Biasanya hanya negara-negara yang keamanannya kuat sekali yang bangun pipa BBM," tambah Rizal.

Rizal mengatakan sebenarnya yang dibutuhkan Indonesia itu adalah jaringan pipa gas. Menurutnya cadangan gas Indonesia masih cukup dalam waktu 60 hingga 70 tahun. Selain itu gas juga bagus untuk lingkungan karena lebih bersahabat.

"Jadi yang perlu dibangun di pulau Jawa adalah jaringan pipa gas. Jadi gas masuk jaringan pipa agar kita supaya rakyat bisa pake gas pipa untuk masak. Biasa di luar negeri namanya city gas atau industri bisa pakai gas karena lebih hemat," imbuh Menko Maritim itu.

Menurutnya Pertamina tidak perlu membuang uang sebesar USD2,4 miliar untuk pembangunan jaringan pipa BBM itu.

"Indonesia beli minyak mentah setiap hari setengah juta barel, membeli BBM jadi setengah juta barel, iya kan? Mereka dong suruh bangun storage, bisa swasta yang bangun pakai service charge, ngapain itu bangun, tapi nanti kalau saya sebut namanya heboh lagi," pungkasnya. 







(SAW)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

9 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /