Warga Solo Siap Adang Eksekusi Museum Radya Pustaka

Pythag Kurniati    •    10 September 2015 17:50 WIB
eksekusi
Warga Solo Siap Adang Eksekusi Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka di Solo, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metotvnews.com, Solo: Masyarakat Kota Solo (Surakarta) yang terdiri dari berbagai elemen siap melakukan aksi untuk mempertahankan museum tertua di Indonesia, Radya Pustaka dari eksekusi.

"DPRD berkomitmen untuk ikut serta jika memang harus ada aksi mempertahankan kawasan Radya Pustaka dari eksekusi,” ujar Teguh Prakosa, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, saat berdiskusi dengan komite Museum Radya Pustaka dan dua pasangan calon Wali Kota Surakarta, di Kompleks Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/9/2015). 

Pernyataan tersebut mengemuka pascakeluarnya surat teguran (aanmaning) No 10/PEN.PDT/EKS/2015/PN.Skt oleh Pengadilan Negeri Surakarta. Dalam surat itu, Pemkot Surakarta dinyatakan harus menghadap Kepala PN Surakarta. Melalui surat itu pula, pemkot diharuskan untuk mengosongkan Museum Radya Pustaka dalam waktu delapan hari setelah surat dilayangkan.

Perintah pengosongan museum, yang didirikan Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada 18 Oktober 1890, itu merujuk putusan Mahkamah Agung No 3249 K/Pdt/2012 tertanggal 5 Desember 2013. Putusan itu menyatakan RA Suharni dan kawan-kawan, selaku ahli waris Wiryodiningrat, sebagai kuasa lahan kompleks Sriwedari.

Ketua Komite Radya Pustaka, ST Wiyono mengaku terkejut ketika mengetahui surat aanmaning. Sebab, museum ini sudah menjadi pusat kebudayaan Jawa di Jawa Tengah. 

"Sebagai komite, kami pun selalu berusaha menghidupkan nafas kebudayaan tersebut melalui berbagai acara budaya di tempat ini,” ungkapnya.

Sengketa tanah Sriwedari telah berlangsung bertahun-tahun yang lalu antara ahli waris dengan Pemkot Surakarta. Menanggapi hal tersebut, Pemkot Surakarta telah mengajukan Peninjauan Kembali (PK).


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /