Saham Turun, Emiten BUMN Harus Rajin Lakukan Keterbukaan Informasi

Dian Ihsan Siregar    •    10 September 2015 17:59 WIB
bumnsaham
Saham Turun, Emiten BUMN Harus Rajin Lakukan Keterbukaan Informasi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan saham perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengalami pelemahan cukup tajam beberapa waktu belakangan ini. Demi menahan agar pelemahan tidak berlanjut, emiten BUMN harus rajin melakukan keterbukaan informasi kepada publik agar kepercayaan investor terhadap saham BUMN tidak memudar.

‎Analis Recapital Andrew Argado menilai banyak aksi korporasi emiten BUMN yang tidak diketahui investor maupun masyarakat, utamanya seperti menjalani proyek. Padahal, dengan masyarakat mengetahui aksi korporasi yang dilakukan tersebut akan memberikan respon positif bagi kinerja suatu emiten BUMN. Alhasil, kinerja saham mendapatkan hasil yang baik.

"Kalau lakukan keterbukaan informasi terus kepada investor dan masyarakat, investor jadi lebih percaya dan harga saham akan positif," jelas ‎Andrew, ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Selain itu, lanjut Andrew, untuk meningkatkan saham emiten BUMN lebih optimal lagi maka para emiten tersebut harus segera melakukan efisiensi. Dengan efisien, biaya operasional bisa ditekan sedemikian rupa sehingga memperbaiki struktur keuangan.

Pada sisi lain, Andrew menilai, saham emiten BUMN yang bergerak di sektor komoditas tengah terpuruk akibat harga komoditas yang tengah mengalami pelemahan terus menerus. Hal ini memiliki dampak yang begitu banyak bagi sektor komoditas.

Sebagai informasi, dari 20 emiten BUMN yang melantai di bursa, hanya empat emiten BUMN yang kinerja sahamnya mengalami kenaikan atau tetap sahamnya. Sisanya, sebanyak 16 emiten BUMN kinerja sahamnya mengalami penurunan.‎



(ABD)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

21 minutes Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /