Zulkifli Hasan: Kekayaan Alam Tak Menjamin Negara Maju

Kesturi Haryunani    •    10 September 2015 18:03 WIB
mpr ads
Zulkifli Hasan: Kekayaan Alam Tak Menjamin Negara Maju

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Ketua MPR Zulkifli Hasan menyerukan kepada mahasiwa Universitas Muhammadiyah Lampung untuk berhenti membanggakan kekayaan alam Indonesia yang melimpah.

"Itu lari dari kenyataan. Kekayaan alam yang melimpah tidak menjamin negara akan maju," tegas Zulkifli Hasan saat menjadi pembicara di forum silaturahim Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Mahasiswa Muhammdiyah Provinsi Lampung, Kamis (10/9/2015).

Zulkifli mencontohkan negara Timur Tengah yang sangat kaya sumber daya alamnya, tapi tak pernah berhenti berperang. "Contohlah Singapura, tak punya sumber daya alam tapi negaranya kaya. Dubai juga tidak memiliki sumber daya alam, tapi negaranya maju," katanya.

Menurut Zulkifli, rakyat harus pintar. "Kalau rakyat bodoh, di mana-mana akan kalah. Mencalonkan bupati, wali kota, atau gubernur pasti kalah. Rakyat yang tak pintar mau saja menukarkan kedaulatan yang dimilikinya dengan uang Rp100 ribu, atau sekarang dikenal dengan istilah NPWP yaitu nomor piro wani piro" ujarnya.

Mahasiswa Muhammadiyah, kata Zulkifli, punya tugas mulia dan tanggung jawab untuk mencerdaskan rakyat agar jangan mau menjualkan kedaulatan. Karena itulah, pendidikan politik penting.

"Jadi, rakyat menggunakan kedaulatan atau menentukan pilihannya bukan karena uang. Tapi karena hati nuraninya," ujar Zulkifli.


(NIN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

14 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /