Presiden Optimistis, RI Mampu Hadapi Tantangan Pelemahan Ekonomi Global

Arif Wicaksono    •    10 September 2015 18:29 WIB
ekonomi indonesia
Presiden Optimistis, RI Mampu Hadapi Tantangan Pelemahan Ekonomi Global
presiden Jokowi MI/Rommy

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia mampu menghadapi tantangan pelemahan ekonomi global saat ini dengan sikap tenang, selalu optimistis dan kerja keras. Sebab, meski terkena dampak pelemahan ekonomi global, situasi keamanan dan politik Indonesia semakin kondusif.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo pada pertemuan makan siang dengan 23 Rektor di Jakarta, Kamis (10/9/2015). Pertemuan ini dilakukan dengan Ketua Forum Rektor serta Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri.  Presiden juga menyampaikan seluruh indikator ekonomi saat ini masih lebih baik dibandingkan krisis 1998 dan 2008.

“Diperlukan kerja keras untuk menggerakkan ekonomi nasional,” kata Jokowi. 

Dia menyampaikan pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk menggerakkan sektor riil dan meningkatkan daya serap anggaran, selain juga mendorong penyerapan dana desa untuk kegiatan padat karya.

“Pemerintah juga telah melakukan percepatan realisasi proyek-proyek infrastruktur seperti bendungan, saluran irigasi, pembangkit listrik, jalan tol, dan pelabuhan,” jelasnya. 

Berkenaan dengan penyerapan anggaran, Presiden Jokowi secara khusus menyinggung bahwa rendahnya penyerapan anggaran salah satunya disebabkan karena pengguna anggaran sangat berhati-hati akibat khawatir dikriminalisasi. Di samping itu, rendahnya penyerapan anggaran juga karena banyaknya aturan yang tumpang tindih.

“Untuk itu, penting dilakukan deregulasi aturan-aturan yang menghambat proses percepatan laju perekonomian nasional,” kata dia.


(SAW)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

7 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /