Olympus: Kamera DSLR akan Segera Digantikan Mirrorless

Riandanu Madi Utomo    •    11 September 2015 11:47 WIB
kamera
Olympus: Kamera DSLR akan Segera Digantikan Mirrorless
Kamera Mirrorless kini lebih digemari ketimbang DSLR

Metrotvnews.com: Produsen kamera Olympus memprediksi pasar kamera DSLR akan terus tergerus oleh kehadiran dan perluasan pasar kamera Mirrorless. Menurut Olympus, tren kamera digital saat ini sedang dalam masa trasnsisi, kamera DSLR sudah mulai ditinggalkan konsumen dan beralih ke kamera Mirrorless. Konsumen

beralih ke kamera Mirrorless karena pertumbuhan teknologinya sangat cepat, bahkan beberapa telah lebih canggih dari kamera DSLR. Olympus juga melampirkan berbagai hasil survei CAMERA & IMAGING PRODUCT ASSOCIATION (CIPA) yang mengatakan bahwa populasi DSLR semakin anjlok di berbagai belahan dunia.

CIPA mengatakan, di tahun 2015 ini, populasi kamera Mirrorles di Asia dan Jepang telah mengalahkan populasi kamera DSLR. Di Asia, populasi kamera DSLR hanya 38,48 persen, sedangkan Mirrorless telah mencapai 40,79 persen.

Ada beberapa faktor yang membuat konsumen beralih ke kamera Mirrorles. Selain perkembangan teknologinya semakin pesat, kamera Mirrorless juga lebih simpel ketimbang kamera DSLR. Secara fisik, kamera Mirrorless memang lebih ringkas dan ringan. 

Fungsi cermin pantul pada kamera DSLR pada awalnya adalah agar fotografer dapat melihat objek dengan sudut pandang yang sama dengan sensor kamera. Namun teknologi tersebut merupakan solusi yang dihadirkan sebelum teknologi digital diperkenalkan. Setelah teknologi berkembang dan kamera memasuki era digital, kehadiran cermin tersebut dapat dihilangkan sehingga munculah kamera mirrorless yang lebih ringkas.

Selain lebih ringkas dan simpel, keunggulan lain yang dimiliki kamera Mirrorless adalah kemampuan untuk mengambil foto lebih dari 14 frame per detik. Hal tersebut dapat dilakukan karena kamera mirrorless tidak memiliki cermin yang membatasi kecepatan pengambilan gambarnya.

Pihak Olympus sendiri juga telah bersiap untuk menyambut masa transisi ini. Mereka telah menyiapkan berbagai kamera Mirrorless, salah satunya adalah seri Seri OM-D yang menargetkan penggemar foto antusias dan fotografer profesional. Olympus juga telah memiliki berbagai varian lensa untuk jajaran kamera Mirrorless, termasuk lensa wide-angle, dan fish eye.


(ABE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /