11 September 2001, Serangan di Tanah Amerika Serikat

Fajar Nugraha    •    11 September 2015 11:59 WIB
peringatan serangan 9/11
11 September 2001, Serangan di Tanah Amerika Serikat
Serangan yang terjadi di menara kembar WTC (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Dunia terbelalak ketika menyaksikan serangan di tanah Amerika Serikat (AS) 14 tahun lalu. Serangan 11 September 2001 itu sangat mengejutkan dan memicu perang yang terhadap terorisme versi AS.

Selasa pagi pukul 8.45 waktu New York 11 September 2001, sebuah pesawat Boeing 767 milik American Airlines menabrak menara utara dari gedung World Trade Center. Tabrakan dari pesawat yang membawa bahan bakar penuh sekitar 20 ribu galon, menimbulkan lubang besar di lantai 80 dari gedung pencakar langit setinggi 110 lantai ini.

Hantaman pertama itu langsung menewaskan ratusan jiwa yang berada di pesawat dan gedung, serta membuat puluhan orang lainnya terperangkap di gedung. Ketika evakuasi berlangsung, banyak pihak menyebut tabrakan pertama sebagai kecelakaan mengerikan.

Pandangan itu langsung berubah 18 menit kemudian. Pesawat Boeing 767 milik United Airlines dengan nomor penerbangan 175, terlihat di udara. Pesawat itu berbelok tajam dan langsung mengarah ke gedung WTC, dan menghantam lantai 60.

Tabrakan itu menyebabkan ledakan besar dan menimbulkan gedung lain serta jalan di bawah WTC dipenuhi puing. Saat itulah kesadaran muncul bahwa, Amerika sedang diserang!

Pelaku serangan langsung diarahkan kepada kelompok teroris dari Arab yang didanai oleh buronan Pemerintah Arab Saudi, Osama bin Laden. Organisasi Al Qaeda yang dipimpin oleh Bin Laden, menjadi tersangka utama serangan 9/11 ini.

Al Qaeda melakukan serangan sebagai bentuk balas dendam atas sikap AS yang mendukung Israel, keterlibatan AS di Perang Teluk dan terus memperlihatkan kehadiran militernya di Timur Tengah. Beberapa dari anggota teroris yang melakukan serangan ini bahkan sudah hidup di AS selama kurang lebih satu tahun.

Diketahui ada 19 tersangka dalam penyerangan ini. Mereka dengan mudah menyelundupkan muatan dan pisau ke bandara AS. Segera setelah itu, para teroris ini menguasai empat pesawat dan mengarahkan alat transportasi itu seperti sebuah peluru kendali.

Di saat jutaan mata menonto kejadian di New York, sebuah pesawat American Airlines dengan nomor penerbangan 77 berputar di wilayah Washington dan menghantam sisi barat gedung Pentagon pada pukul 9.45 pagi di hari yang sama. Bahan nakar yang penuh memicu kebakaran hebat dan menyebabkan bagian dari Petagon roboh. 125 personel militer dan warga sipil dalam kecelakaan ini bersama dengan 64 penumpang pesawat.

Usai 15 menit kemudian, insiden horor kembali terjadi di New York. Menara kembar WTC tidak mampu menahan panas berlebih akibat api usai pesawat menabrak. Sisi selatan dari menara WTC akhirnya runtuh.

Pada pukul 10.30, menara kedua dari Gedung WTC kemudian juga runtuh. Hampir 3.000 jiwa dilaporkan tewas dalam serangan mematikan itu.

Kemudian, pesawat keempat yang bermaksud menuju California dilaporkan dibajak. Pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 93, dibajak sekitar 40 menit usai mengudara dari Bandara Internasional Newark di New Jersey. Penumpang yang sudah mengetahui serangan di Gedung WTC menyadari bahwa pesawat mereka telah dibajak.

Para penumpang pun melawan empat pembajak. Mereka dikabarkan menyerang para pembajak dengan alat pemadam api. Pesawat itu akhirnya jatuh di Pennsylvania pada pukul 10.10 pagi. Seluruh 45 penumpang dalam pesawat itu dilaporkan tewas.

Tidak ketahui secara pasti target serangan pewsawat keempat ini. Namun diperkirakan target mereka bisa jadi Gedung Putih, Gedung Parlemen ataupun tempat berlibur Presiden AS di Camp David.

Sekitar pukul 7.00 malam Presiden AS saat itu, George W. Bush menegaskan bahwa peristiwa yang dialami hari itu adalah serangan teroris. Di saat ini lah AS mulai melancarkan kampanye perang terorisme dengan memulai serangan mereka di Afghanistan serta Irak.

Sementara untuk Al Qaeda, Osama bin Laden akhirnya tewas dalam sebuah operasi militer AS di Abbottabad, Pakistan pada 2 Mei 2011. Jasad Osama bin Laden dimakamkan di laut yang tidak diketahui lokasinya.
 


(FJR)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /