Pertama Terbitkan Obligasi Daerah, IFC Incar Jawa Barat

Jaenal Mutakin    •    11 September 2015 16:00 WIB
obligasi
Pertama Terbitkan Obligasi Daerah, IFC Incar Jawa Barat
Obligasi Jabar diincar IFC. (FOTO: MI/Mohamad Irfan)

Metrotvnews.com, Bandung: Jawa Barat (Jabar) menjadi incaran International Finance Corporation (IFC) yang merupakan World Bank Group. IFC tertarik pada obligasi Jabar yang akan segera diterbitkan oleh Pemprov Jabar.

Plt Sekda Jabar Iwa Karniwa melakukan pertemuan dengan dua orang perwakilan IFC, yakni Senior Investment dari Officer Infrastructur dan Natural Resources East Asia and Pacific Region Alejandro Perez dan Investment Officer Susan Nurhasanah.

"Dalam pertemuan IFC mengatakan tertarik pada obligasi Jawa Barat," ujar Iwa, di Gedung Sate, Bandung.

Iwa menuturkan, ketertarikan tersebut karena Jabar nantinya akan menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menerbitkan obligasi daerah demi mendukung pembiayaan pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, IFC ingin membantu Pemprov dalam upaya penerbitan obligasi yang mencapai Rp4 triliun tersebut. Adapun obligasi ini punya jangka pinjaman paling lama 10 tahun dengan bunga di bawah 10 persen. Iwa menilai, IFC tergolong berpengalamaan dalam pendanaan dengan nilai total mencapai USD600 miliar, dengan total 45 proyek yang tersebar di seluruh dunia. Namun lembaga ini belum pernah menyentuh Indonesia.

"Baru kali ini IFC tertarik dengan Indonesia, mereka bisa sebagai penopang pembeli utama sehingga investor lain akan ikut membeli obligasi daerah," ucapnya.

Saat ini, lanjut Iwa, Obligasi Jabar telah mendapat nilai AA- dari Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Nilai ini menunjukan Pemprov Jabar punya kemampuan keuangan untuk membayar pokok dan bunga.

"Obligasi daerah Jabar masuk kategori layak investasi atau investment grade, risikonya juga sangat minim, dan Obligasi daerah ini akan digunakan sebagai sumber pendanaan pembiayaan proyek pembangunan bandara internasional," bebernya.

Menurutnya, obligasi daerah ini akan digunakan sebagai sumber pendanaan pembiayaan proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), khususnya untuk pembangunan sisi darat.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /