SBY Sampaikan Orasi Perdamaian dan Pembangunan di Unpad

Ismail    •    11 September 2015 16:29 WIB
pendidikan
SBY Sampaikan Orasi Perdamaian dan Pembangunan di Unpad
SBY menyampaikan orasi tentang perdamaian di Unpad, MTVN - Ismail

Metrotvnews.com, Bandung: Chairman Global Green Growth Institut (GGGI), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Presiden ke-6 Republik Indonesia, menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Padjadjaran (Unpad) Dipatiukur di Bandung, Jawa Barat. Kedatangan SBY pun sekaligus bagian dari rangkaian Dies Natalies ke-58 Unpad.

SBY menyampaikan orasi berjudul Reorientasi Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia Merespon Perkembangan Global di Aula Graha Sanusi Hardjadinata, Unpad Dipatiukur, Jumat 11 September. SBY mengangkat dua tema besar dalam orasinya yaitu perdamaian dan pembangunan berkelanjutan.

"Dengan penduduk Indonesia yang sangat banyak, tentu kita tahu bahwa kebutuhan akan pangan meningkat, kebutuhan energi dan air juga meningkat," kata SBY yang hadir bersama istrinya, Ani Yudhoyono.

SBY juga mengangkat tema pemanasan global yang mengancam bumi. Suhu bumi, katanya, akan terus meningkat hingga enam derajat pada 2100.

"Jika 40 tahun yang lalu alam ini begitu sejuk, saat ini kita sudah mulai merasakan hangat, dan jika tidak diakukan beberapa skenario pencegahan maka akan mengancam keberlanjutan umat manusia," sebutnya.

Sementara itu, kata SBY, pertambahan penduduk mengakibatkan daya beli meningkat. Persediaan pangan, energi, dan air akan semakin berkurang. 

"Maka solusi kita adalah harus bisa mengubah Indonesia, dan kita sebagai warga Negara yang harus berperan untuk mengubahnya," ujar SBY.

Acara itu dihadiri kalangan akademis dan pemerhati pembangunan. Peneliti, masyarakat umum, dan pihak swasta pun menghadiri acara tersebut.




(RRN)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /