Bangun SAKIP, Pemkot Bandung Apresiasi Pendampingan Kemenpan RB

Pelangi Karismakristi    •    11 September 2015 20:05 WIB
kemenpan ads
Bangun SAKIP, Pemkot Bandung Apresiasi Pendampingan Kemenpan RB

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi pendampingan yang dilakukan Kementerian PANRB dalam membangun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Kinerja pemkot menjadi lebih terarah dan parameter evaluasinya pun jelas.

"Terimakasih kepada Kementerian PANRB atas bimbingan dan pendampingan dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja Kota Bandung. Saat ini kinerja birokrasi Kota Bandung sudah terukur, terpercaya dan dapat dibuktikan secara ilmiah," kata Walkot Bandung Ridwan Kamil.

Ini disampaikannya dalam acara Membangun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Bandung Menuju Juara SAKIP diBalaikota Bandung, Jumat (11/9/2015). Hadir dalam acara tersebut Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi bersama Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan M. Yusuf Ateh.

Menurutnya Deputi Bidang RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, M. Yusuf Ateh sangat berjasa meningkatkan nilai SAKIP kota Bandung. Sebelum dibimbing dan didampingi, Pemkot Bandung belum mengetahui ujung dari kerja yang selama ini mereka kerjakan.

Setelah mendapatkan pendampingan, seluruh SKPD kota Bandung mulai memiliki kesamaan pandangan dan pemahaman tentang sasaran indikator dan perjanjian kerja. Bukan hal yang mudah memperbaiki seluruh indikator kerja para SKPD yang masih berorientasi pada output.

"Kami meminta bimbingan dan bantuan dari Kemenpan RB dalam membangun akuntabilitas kinerja Pemkot Bandung dan banyak capaian positif. Sungguh luar biasa mengalami perubahan positif untuk mendapat nilai yang lebih baik," kata Sekda Kota Bandung, Yossi Irianto.

Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi, mengaku senang dengan pencapaian yang diraih Pemkot Bandung. Menurutnya. Pendampingan yang diberikan oleh tim dari Kementerian PANRB baru intensif dilakukan 4 bulan. 

"Ini sudah loncat tiga tingkat, bisa dibayangkan kalau pendampingannya dilakukan dua tahun lalu, mungkin jadi kota terbaik di dunia. Tetapi faktor yang menentukan adalah keteladanan pemimpinnya. Saudara Ridwan Kamil adalah kunci keberhasilan reformasi birokrasi di Bandung, untuk itu pertahankan dan berikan contoh kepada semua instansi di Indonesia," kata Yuddy. 
 


(LHE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /