Diah Jual Ginjal untuk Bayar Utang

Kuntoro Tayubi    •    11 September 2015 20:50 WIB
kemiskinan
Diah Jual Ginjal untuk Bayar Utang
Diah, 32, menjual ginjalnya karena terimpit ekonomi. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Diah Eka Susilawati, 32, warga Desa Kerta Sinduyasa, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengaku terjerat utang sebesar Rp1 miliar sejak 10 tahun lalu. Ini karena bisnis rental mobil yang digelutinya gulung tikar.

“Saya rintis sendiri dari satu unit mobil pemberian orang tua untuk usaha itu (rental mobil). Kemudian saya kembangkan menjadi delapan unit dari hasil pinjaman,” kata Diah kepada Metrotvnews.com, di RSUD Brebes, Jumat (11/9/2015).

Musibah datang saat Diah kehilangan dua unit mobil rentalnya. Hal itu membuat perputaran setoran pinjaman menjadi timpang. Ditambah, sang suami, Didi, 35, menggadaikan satu persatu mobil tanpa sepengetahuan dia.

(Baca: PNS Guru Iklankan Ginjalnya Rp1 Miliar di Facebook)

Kondisi keuangan semakin kacau saat mobil yang digadaikan tak mampu ditebus. Sementara utang semakin menumpuk. Terakhir, PNS golongan IIIA ini akhirnya menggadaikan SK-nya ke bank untuk mencoba merintis usaha peternakan ayam. Namun, lagi-lagi mengalami kesialan. Setelah kandang selesai dibangun, modal untuk membeli pakan telah habis.

“Saya serius menjual ginjal saya karena semua sudah habis. Sertifikat rumah sudah tidak bisa ditebus. Gaji saya sebagai PNS tidak bisa dipakai karena habis untuk menutupi utang,” ujar guru di sebuah sekolah dasar di Brebes ini.

Selain untuk menutupi utang, hasil penjualan ginjalnya akan digunakan untuk menutupi biaya sekolah anaknya yang sudah setahun belum dibayar.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /