Putin Sambut Baik Gencatan Senjata di Perbatasan Ukraina

Willy Haryono    •    13 September 2015 14:01 WIB
krisis ukraina
Putin Sambut Baik Gencatan Senjata di Perbatasan Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah forum di Vladivostok, 4 September 2015. (Foto: AFP / ALEXEY DRUZHININ / RIA NOVOSTI)

Metrotvnews.com, Chersoneus: Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut baik meredanya pertempuran di wilayah timur Ukraina yang selama ini menjadi medan tempur pasukan Ukraina dengan separatis. 

"Merupakan hal yang melegakan atas berhentinya peluncuran mortir di Donbass (timur Ukraina) dari kubu pasukan bersenjata dan juga dari kubu relawan batalion (separatis)," ucap Putin di kota Chersoneus, Krimea. 

"Saya rasa hari ini adalah pencapaian utamanya," sambung dia, seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/9/2015). 

Kubu Ukraina dan separatis saling menyalahkan atas pelanggaran gencatan senjata. Namun kini, kedua kubu sama-sama menghormati perjanjian gencatan senjata terbaru yang diterapkan 1 September. 

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan dialog terbaru gencatan senjata berjalan dalam koridor positif. 

Grup pengawas OSCE mengatakan dialog gencatan senjata terbaru ini membuka jendela baru bagi kemajuan politik di timur Ukraina. 

Steimeier mengaku senang karena semua kubu sepakat gencatan senjata yang sudah berlangsung selama dua pekan ini perlu dikonsolidasi. 

"Kedua kubu sekarang sangat dekat dengan sebuah perjanjian yang akan berujung pada penarikan semua alat berat dari medan perang," sambung Steinmeier. 

Konflik bersenjata di timur Ukraina telah menewaskan hampir 8000 orang sejak April 2014.


(WIL)

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi
Klausul Pembelian Messi

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi

3 hours Ago

Messi memiliki klausul 300 juta Euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp4,7 triliun.…

BERITA LAINNYA
Video /