Mendagri: Tiga Daerah Tak Memenuhi Syarat Ikut Pilkada Serentak

Eko Nordiansyah    •    13 September 2015 14:44 WIB
pilkada serentak
Mendagri: Tiga Daerah Tak Memenuhi Syarat Ikut Pilkada Serentak
Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo. Foto: MTVN/Eko Noordiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan, hanya tiga daerah yang hingga saat ini terancam gagal mengikuti pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akhir tahun ini. Tiga daerah itu masih memiliki satu pasangan calon.

"Per kemarin malam hanya tiga wilayah yang tidak memenuhi syarat, yaitu Tasikmalaya, Blitar dan TTU NTT (Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur)," kata Tjahjo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (13/9/2015).

Ia menambahkan, ketiga daerah itu tak bisa disalahkan karena memiliki hak politik dan hak konstitusional yang sama dengan daerah lainnya. Apalagi, salah satu pasang calon dari ketiga daerah itu sedang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami dari pemerintah dan KPU menunggu apa hasil gugatan MK. Sepanjang gugatan itu akan keluar tidak akan menganggu tahapan-tahapan selanjutnya karena waktunya tinggal tiga bulan, saya yakin KPU akan mempertimbangkan putusan dari MK tersebut," terangnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Pilkada di Kota Surabaya, Tjahjo optimis akan berjalan sesuai jadwal. Ia yakin parpol yang ada akan mengusung kader yang tepat.

"Surabaya pada prinsipnya sudah ada tambahan calon. Soal siapa nama yang diusung apakah nama lama apakah nama baru itu kewenangan partai politik," tandas dia.


(DRI)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

29 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /