Mobil Perpustakaan Keliling di Balai Kota Menarik Perhatian Anak-anak

Lukman Diah Sari    •    13 September 2015 16:18 WIB
dki jakarta
Mobil Perpustakaan Keliling di Balai Kota Menarik Perhatian Anak-anak
Perpustakaan keliling yang ada di halaman Balai Kota DKI Jakarta diminati sejumlah pengunjung, sayang tak ada petugas yang menunggui perpustakaan ini. Foto: MTVN/Lukman Diah Sari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wisata Balaikota tak hanya menyuguhkan keindahan Gedung Utama Balai Kota. Sejumlah fasilitas pendukung diberikan, seperti perpustakaan keliling dan lokasi kuliner serta souvenir. 

Perpustakaan keliling menjadi magnet tersendiri untuk anak-anak yang sedang berekreasi di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (13/9/2015). Warna merah muda yang mendominasi mobil itu membuat banyak anak-anak tertarik untuk singgah.

Salah satunya Arum yang berasal dari Depok, Jawa Barat. Perempuan 11 tahun ini mengaku suka dengan perpustakaan keliling ini.

"Ini, perpustakaannya aku suka," kata Arum di Halaman Balai Kota.

Arum sibuk membolak-balik halaman demi halaman dari buku yang ia baca. Ia tak memedulikan beberapa anak-anak yang berlarian di halaman. 

Arum bahkan telah tahu buku-buku menarik yang dimiliki perpustakaan keliling. "Ini buku-bukunya kak yang paling menarik," kata dia sembari membenarkan letak kacamatanya. 

Arum datang bersama dua orangtuanya. Ia mengetahui keberadaan perpustakaan dari berita tentang Wisata Balai Kota.

"Iya lihat di televisi, wisatanya sudah dibuka. Terus katanya ada perpustakaannya, jadi mau nyoba ke sini," ucapnya lagi. 

Ada banyak pelajaran yang diambil perempuan 11 tahun ini saat berkeliling Gedung Balai Kota. Tak hanya melihat seluk-beluk Gedung Balai Kota nan megah, Arum juga mendapat pengetahuan sejarah.

"Gedungnya bagus, unik. Dapat banyak pengetahuan sejarah, pengetahuan umum di dalam," kata Arum sembari membaca.

Sayang, mobil perpustakaan keliling ini dibiarkan berdiri di halaman. Tak ada yang menjaga. Anak-anak yang hendak membaca harus meminta pertolongan orangtua mereka untuk mengambil buku yang diinginkan.

Selain itu, buku yang disediakan tak hanya untuk anak-anak. Ada beragam buku yang dipajang bersama dengan sebuah komputer tak terpakai. Sebatas hiasan di antara buku yang berjejer rapi.

"Ini sayang, enggak ada yang jaga. Apa perlu saya yang jaga. Siapa tahu pak Ahok lewat, bisa dapat bayaran," ujar orangtua Arum, Dina sembari mengawasi sang buah hati.


(DRI)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /