Legislator Dukung Usulan Menteri Susi

Antara    •    13 September 2015 17:35 WIB
garam
Legislator Dukung Usulan Menteri Susi
Illustrasi. ANTARA FOTO/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Kupang: Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur Anwar Pua Geno mendukung permintaan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada Presiden Joko Widodo untuk melibatkan kementeriannya dalam urusan tata niaga dan impor garam.

"Memang kuota impor garam harus ditentukan bersama-sama berdasarkan hasil riset Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan," katanya kepada Antara di Kupang, Minggu (13/9/2015).

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD NTT itu mengatakan hal tersebut menanggapi permintaan Menteri KKP Susi Pudjiastuti kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilibatkan dalam penentuan impor garam agar dapat melindungi para petambak garam lokal.

Susi juga mendesak Kemendag agar menegakkan regulasi yang melarang impor garam sebulan sebelum dan dua bulan sesudah panen garam lokal. Demikian juga dengan regulasi dari Kemendag terkait kewajiban serap garam lokal oleh importir, harus benar-benar dijalankan.

Permintaannya yang ketiga adalah peredaran garam impor benar-benar diawasi mulai dari gudang hingga pembeli untuk memastikan garam tersebut benar-benar digunakan untuk industri yang membutuhkan, bukan  dijual untuk konsumsi rumah tangga.

Menurut Anwar, ketiga permintaan Menteri Susi itu realitis dan diyakini akan menjadi salah satu solusi bagi upaya pengembangan bisnis garam dan pemenuhan kebutuhan akan garam dalam negeri, sehingga perlu  diapresiasi.

Saat ini, katanya, KKP tak punya kewenangan apapun terkait impor garam. Akibatnya, KKP tak bisa berbuat apa-apa ketika garam impor membanjir hingga mematikan petambak garam lokal.

Dalam konteks lokal di NTT, kata dia, salah satu penyebab belum tuntasnya masalah tanah untuk pengelolaan garam industri di Kabupaten Nagekeo adalah belum adanya transparansi terkait sistim bagi hasil dari usaha industri dimaksud.

"Pemerintah dan perusahaan hingga saat ini belum menyampaikan secara transparan kepada masyarakat tentang hak yang diperoleh dari pengelolaan industri garam tersebut," katanya.
 


(SAW)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /