Sengketa tak Pengaruhi Digitalisasi Naskah di Museum Radya Pustaka

Pythag Kurniati    •    13 September 2015 20:57 WIB
sengketa tanah
Sengketa tak Pengaruhi Digitalisasi Naskah di Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka di Solo,MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Surat teguran yang dilayangkan Pengadilan Negeri (PN) beberapa hari lalu tak mempengaruhi digitalisasi naskah di Museum Radya Pustaka, Solo, Jawa Tengah. Hal tersebut diutarakan pengelola manuskrip dan digitalisasi Museum Radya Pustaka, Kurnia Heniwati.

“Ya, kami sudah tahu mengenai surat teguran dari PN tapi kami tidak terpengaruh. Radya Pustaka masih dikunjungi banyak orang dan digitalisasi tetap berjalan,” ujarnya ketika dihubungi Metrotvnews.com, Minggu (13/09/2015).

Kurnia menuturkan Radya Pustaka memang ditempatkan di kawasan tersebut oleh Sinuhun Pakubuwono X sekitar tahun 1913. Museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi ini memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah, termasuk naskah-naskah Jawa.

“Ada sekitar 360 naskah dan 1.000 buku jawa cetak. Kami sedang melakukan proses digitalisasi untuk melestarikan peninggalan masa lampau,” tuturnya. 

Digitalisasi berarti mengetik ulang naskah pada media elektronik agar dapat bertahan lebih lama. Dari sekitar 360 naskah, 90 judul telah rampung didigitalisasi. Beberapa diantaranya Serat Joesoef, Kuran Jawi, Serat Parisawuli (silsilah raja-raja Jawa) dan lain sebagainya.

Menurut Kurnia, Radya Pustaka bukan hanya sekedar bangunan yang berdiri puluhan tahun namun Radya Pustaka baginya adalah sebuah tempat yang menyimpan kawruh  (pengetahuan) mendalam tentang Jawa dan sejarahnya.

Pemerintah Kota Surakarta mendapatkan surat teguran (aanmaning) dari Pengadilan Negeri (PN) Surakarta untuk memenuhi panggilan Kepala PN Surakarta 29 September 2015. Pemkot diminta mengosongkan Radya Pustaka delapan hari setelah teguran. Surat tersebut berdasar pada putusan MA No 3249 K/Pdt/2012 tertanggal 5 Desember 2013 yang memenangkan Suharni dan kawan-kawan selaku ahli waris Wiryodiningrat.


(RRN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /