Dihargai Rp70 Juta, Sapi di Lerang Merapi Ini Berbobot 1,2 Ton

Patricia Vicka    •    13 September 2015 22:01 WIB
idul adha
Dihargai Rp70 Juta, Sapi di Lerang Merapi Ini Berbobot 1,2 Ton
Sapi jumbo siap dilepas Rp70 Juta. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sapi kurban milik peternak di lereng Gunung Merapi, Jawa Tengah, ini memiliki berat badan dan ukuran tubuh yang tidak biasa. 

Beratnya mencapai enam kali sapi kurban pada umumnya. Jika berat sapi kurban biasanya 200-500 kilogram, sapi yang dinamai Bagong ini beratnya mencapat 1,2 ton dengan panjang tubuh 2,8 meter dan tinggi 1,5 meter.

Sapi ini milik Nur Wahluyo, peternak sapi di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. 

Wahluyo menjelaskan Bagong adalah sapi jantan berjenis Simetal. "Umurnya empat tahun. Saya beli dia waktu masih umur 14 bulan," ujar Wahluyo di Magelang, Minggu (13/9/2015).

Saat membelinya, bakat raksasa Bagong sudah terlihat. "Badannya sudah besar untuk seukuran pedet (anak sapi). Saya kasih makan yang banyak biar cepat besar," jelasnya.

Dalam waktu dua tahun, Wahluyo mampu melipatgandakan berat si Bagong. Namun hal itu tidaklah mudah. "Saya harus beri makan rutin sehari tiga kali. Makannya tiga kali lipat dibanding sapi lainnya. Perlu makanan khusus juga, tak cuma rumput atau jerami," ucapnya. 

Karena sulitnya perawatan itu, Wahluyo berencana menjual Sapi jumbo itu seharga Rp70 juta. Selain Bagong, Wahluyo juga memiliki enam sapi kurban jumbo lainnya yang memiliki berat badan rata-rata 800 kilogram hingga 1 ton.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /