Kolombia Ingin Pasarkan Sapi ke Indonesia

Dian Ihsan Siregar    •    14 September 2015 14:36 WIB
sapi
Kolombia Ingin Pasarkan Sapi ke Indonesia
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komite Amerika Selatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Jacobus Dwihartanto menjelaskan Kolombia memiliki keinginan untuk memasarkan daging sapi ke Indonesia. Namun, keinginan memasarkan sapi tersebut masih terganjal oleh sejumlah aturan yang ada. 

"Mereka minta untuk masuk daging sapi ke sini‎, karena mereka punya sapi. Tapi tersandera oleh aturan," ucap Jacobus, ‎ketika ditemui dalam acara '1st Investment Summit Connecting Two Promising Economies for Better Prosperity Colombia-Indonesia 2015, di Hotel J.W Marriot, Jakarta, Senin (14/9/2015).

Dia mengakui, Indonesia masih menggunakan aturan zona based untuk impor sapi. Ketentuan tersebut mengatur asal sapi impor dari daerah ‎bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Saat ini, Indonesia masih memasok sapi dari negeri Kangguru, Australia, dan New Zealand yang dianggap bebas PMK. 

"Negara tersebut pun (kolombia) belum bisa dinyatakan bebas PMK. Dalam hal ini, kami belum bisa jawab apa-apa," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan ‎Kolombia masih menginginkan kebijakan penyederhanaan regulasi dari pemerintah, khususnya dari sektor perdagangan. Pada dasarnya hal ini menjadi baik lantaran bisa mengurangi ketergantungan impor sapi. 

"Biar kita tidak tergantung dari Austalia untuk impor sapi," pungkas dia.


(SAW)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

2 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /