Telkom Resmi Batalkan Tukar Guling Saham dengan TBIG

Dian Ihsan Siregar    •    14 September 2015 18:14 WIB
telkom
 Telkom Resmi Batalkan Tukar Guling Saham dengan TBIG
Ilustrasi. MI/IMMANUEL ANTONIUS

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) secara resmi membatalkan perjanjian tukar saham (share swap) dengan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

"Telkom Indonesia pada 31 Juli 2015 telah mengumumkan kepada publik, e-Reporting ke BEI dalam laporan keuangan konsolidasi 30 Juni 2015 yang memuat, bahwa perjanjian tukar saham bersyarat dengan ‎Tower Bersama Infrstructure dalam proses penghentian," ujar ‎VP Investor Relations Telkom Andi Setiawan, seperti mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (14/9/2015).

‎Dia‎ menyebutkan proses penghentian tukar saham dengan TBIG merupakan permintaan dari Dewan Komisaris perseroan. Pada saat ini, proses penghentian tukar saham bersyarat masih terus berjalan.

‎Sebagaimana diketahui perjanjian tukar guling yang diterbitkan pada November 2014, Telkom bakal melepas kepemilikan 100 persen saham di Mitratel ke Tower Bersama Infrastructure. Telkom bakal meraih 13,7 persen saham Tower Bersama Infrastructure secara bertahap plus dana sebesar Rp1,74 triliun.

Hal ini dapat terlaksana dengan catatan transaksi tersebut memenuhi persyaratan tertentu. Dari rencana yang ada, transaksi akan dijalankan dalam dua tahap. Tahap awal, Telkom akan menukarkan 49 persen saham Mitratel dengan 290 juta saham baru Tower Bersama Infrastructure.

Tahap selanjutnya, Telkom memiliki opsi untuk menukarkan 51 persen sisa kepemilikan Telkom di Mitratel dalam jangka waktu dua tahun dengan tambahan 472,5 juta saham baru Tower Bersama. Sehingga kepemilikan Telkom di TBIG akan menjadi 13,7 persen dari modal setelah penerbitan saham baru.



(SAW)