Ratusan Guru Tidak Tetap di Malang Mogok Kerja

Aditya Mahatva Yodha    •    14 September 2015 18:39 WIB
pns
Ratusan Guru Tidak Tetap di Malang Mogok Kerja
Guru Tidak Tetap gelar istighosah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (14/9/2015). (Metrotvnews.com/Aditya Mahatva Yodha)

Metrotvnews.com, Malang: Ratusan Guru Tidak Tetap (GTT) Kategori 2 (K2) yang sudah mengabdi lebih dari lima tahun dari 52 sekolah negeri se-Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mogok kerja. Mereka menggelar istighosah di Masjid Baiturrohman, Harjokuncaran, Senin (14/9/2015).

Istighosah digelar dengan maksud mendoakan utusan GTT yang saat ini tengah berjuang di Jakarta. Utusan itu sedang mediasi dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara  Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandy. Agar para GTT K2 bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Istighosah ini dilakukan untuk mendoakan utusan kami yang tengah berjuang di Jakarta, bertemu Menpan RB, Yuddy Chrisnandy, supaya usaha memperjuangkan teman-teman GTT diangkat menjadi PNS sukses," tutur Koordinator Aksi, Misiran kepada Metrotvnews.com.

Misiran  yang merupakan guru SDN 01 Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, mengaku prihatin dengan keadaan 270 GTT dari 52 sekolah (SD, SMP, SMA) yang sudah lama mengabdikan belum diangkat jadi PNS.

"Bahkan ada guru SD Negeri 03 Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, namanya Bu Rita, sudah mengajar 17 tahun menjadi GTT dan belum diangkat menjadi PNS,"  terang Misiran.

Aksi serupa akan berlanjut kembali esok hari, Selasa 15 September di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud ) Kabupaten Malang di Kepanjen dengan jumlah yang lebih besar.

"Besok masih berlanjut di Kantor Kemdikbud dan dengan jumlah massa yang lebih besar, karena GTT K2 se-Kabupaten Malang akan bergabung," pungkas Misiran.

Sementara, ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Suliadi menyayangkan dengan aksi mogok ini,  karena Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terabaikan.

"Kami mendukung perjuangan para GTT untuk mendapatkan haknya, semoga ada perhatian dari pemerintah. Namun jangan mengabaikan KBM, korbannya para siswa, bolehlah aksi seperti ini asal di luar jam kerja, kami akan support," kata Suliadi.


(SAN)

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino
Jelang Real Madrid vs Tottenham Hotspur

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino

1 hour Ago

Penampilan Isco musim ini ternyata mendapat perhatian dari pelatih Tottenham Hotspur Mauricio P…

BERITA LAINNYA
Video /