Kabut Asap Kebakaran Hutan Tidak Sebabkan Kanker Paru-Paru

Ilham wibowo    •    14 September 2015 19:07 WIB
kabut asap
Kabut Asap Kebakaran Hutan Tidak Sebabkan Kanker Paru-Paru
Ilustrasi--Asap kebakaran hutan masih mengepul di hutan wilayah lereng Gunung Sumbing terlihat dari Desa Wonoroto, Windusari, Magelang, Jateng--Antara/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa wilayah tidak akan menyebabkan kanker paru-paru. Masyarakat tidak perlu khawatir, akan tetapi harus tetap berhati-hati.

"Tidak, kanker itu penyebabnya butuh waktu lama sekali, dan selnya harus bermutasi. Itu tidak bisa hari ini saya kena asap, besok saya jadi kanker," ujar Menkes dalam Upacara Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kantor Kemenkes Jalan H.R. Rasuna Said Blok X.5 Kav. 4-9, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/9/2015)

Sementara itu, Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto mengatakan, akibat kebakaran hutan dan lahan udara di sebagian besar daerah yang terkena dampak sangat tidak sehat. "Sebagian besar Kalimantan sampai saat ini indeks ISO-nya sangat tinggi dan itu tidak sehat," tutur Achmad.

Dia menjelaskan, Kemenkes sudah melakukan antisipasi bencana kabut asap. Karena bencana asap kerap terjadi tiap tahun.

"Kita tahu bencana ini akan terulang lagi. Karena itu, pada Mei 2015, kita telah melakukan pendampingan ke pemerintah daerah. Pemerintah daerah kekurangan stok masker yang harusnya mereka siapkan. Untuk itu pusatpun bantu menurunkan sejumlah stok masker untuk kita kirim ke daerah," jelasnya.

Namun, dengan masker bukan berarti warga yang terkena dampak asap bebas berkeliaran di luar rumah. Jika seseorang sering kontak langsung dengan asap tersebut, kesehatan bisa terganggu meskipun memakai asap. "Oleh karena itu, hindari tidak usah keluar rumah kalau tidak diperlukan. Kalau perlu pakai masker, karena kondisi ISO di atas 300. Harusnya tidak bisa dengan masker biasa, harus masker N95 yang memiliki kepadatan filter lebih bagus," jelasnya.


(YDH)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

2 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /