Soal Kenaikan Tunjangan DPR, Formappi: Ada Masalah dengan Kesekjenan

Intan fauzi    •    15 September 2015 09:02 WIB
dpr
Soal Kenaikan Tunjangan DPR, Formappi: Ada Masalah dengan Kesekjenan
Peneliti FORMAPPI Lucius Karus. Foto: Antara/Widodo S Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai permasalahan di parlemen tak hanya disebabkan anggota DPR, tetapi juga bagian kesekjenan. Misalnya, soal usulan kenaikan tunjangan anggota dewan yang diajukan Sekjen.

"Saya kira iya (ada permasalahan dengan kesekjenan). Sejak lama juga kita mendeteksi masalah utama yang terjadi di DPR tidak selalu disebabkan anggota DPR sendiri. Kesekjenan bagaikan lembaga yang berdiri sejajar dengan DPR dan punya bagian rumah tangga yang tak tersentuh publik," kata Lucius dalam Bincang Pagi Metro TV, Selasa (15/9/2015).

Namun, Lucius menjelaskan usulan itu tak terlepas dari diskusi antara Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dengan anggota DPR. Dengan demikian, tetap ada keterlibatan anggota DPR dalam usulan itu.

"Tentang anggaran ini memang kesekjenan yang mengusulkan tapi tetap ada keterlibatan DPR melalui BURT karena di sana mereka berbicara soal perlengkapan fasilitas apa yang dibutuhkan DPR," jelasnya.

Sayangnya, komunikasi tersebut hanya dilakukan oleh sekelompok kecil anggota DPR saja, sehingga banyak anggota DPR yang tak tahu tentang usulan ini. 

"Anggaran ini menjadi informasi yang tidak terbuka di DPR jadi wajar banyak anggota yang tidak paham karena dibicarakan kelompok kecil di DPR bersama dengan kesekjenan," pungkas dia.


(DRI)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /