9 Makanan yang Bikin Cepat Tidur

   •    15 September 2015 10:19 WIB
kesehatan
9 Makanan yang Bikin Cepat Tidur
Oatmeal bisa meningkatkan rasa kantuk. (Foto:health.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kurang tidur yang disebabkan insomnia bisa menimbulkan banyak penyakit seperti tekanan darah tinggi, pinggang melar dan suasana hati yang tak menentu. Jangan khawatir, ada obat alami untuk mengatasi insomnia Anda hanya dengan makanan.

Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu menenangkan saraf sehingga Anda dapat segera tidur.

1. Oatmeal
Oatmeal mungkin sarapan favorit Anda, namun Anda mungkin tidak menyadari fakta bahwa butir-butir yang hadir dalam oatmeal dapat memicu produksi insulin. Selain itu, mereka juga meningkatkan kadar gula darah dan membuat Anda merasa sangat mengantuk. Dan melatonin dalam oatmeal juga akan membuat Anda mudah tertidur.

2. Almond
Magnesium dan triptofan dalam almond membantu kurangi fungsi saraf dan otot dan pada saat yang sama menstabilkan irama jantung Anda. Dengan makan sedikit almond akan membuat Anda langsung tertidur.

3. Madu
Madu penuh dengan glukosa sehingga akan gampang bikin Anda tertidur.

4. Roti gandum
Biji-bijian dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah Anda, namun setelah kadar glukosa turun, Anda mungkin akan merasa lesu. Jadi, cukup makan seperlunya saja bila ingin mengatasi insomnia Anda.

5. Ceri
Ceri penuh dengan melatonin yang membantu untuk mengontrol siklus tidur. 

6. Pisang
Pisang mengandung kalium dan magnesium yang bisa menenangkan saraf Anda dan otot. Pisang juga memiliki vitamin B6 yang mengubah triptofan menjadi serotonin sehingga membuat Anda merasa lebih rileks dan mudah tertidur.

7. Selada
Selada penuh lactucarium yang mempromosikan tidur. Rebus 3-4 daun selada dalam satu cangkir air dan tambahkan 2 daun mint, minum itu sebelum Anda beranjak tidur.

8. Tuna
Ikan tuna tinggi vitamin B6 yang sangat penting bagi tubuh Anda untuk membuat serotonin dan melatonin. Melatonin bertanggung jawab untuk membuat Anda tertidur dalam waktu singkat.

9. Keju
Terlepas dari susu beberapa produk susu lainnya seperti keju atau yogurt juga bisa memicu tidur. Kalsium hadir dalam produk-produk tersebut membantu otak Anda untuk menggunakan tryptophan (hadir dalam keju atau yogurt) agar menghasilkan melatonin yang memicu tidur lebih cepat. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /