Ilham Arief Hadiri Sidang PK di PN Jaksel Hari Ini

Deny Irwanto    •    15 September 2015 11:34 WIB
kasus korupsipraperadilan
 Ilham Arief Hadiri Sidang PK di PN Jaksel Hari Ini
Ilham Arief Sirajuddin di ruang tahanan PN Jakarta Selatan, Selasa (15/9/2015). Foto: Deny Irwanto/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Bekas Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirjuddin menghadiri sidang lanjutan peninjauan kembali atas putusan praperadilan yang dimenangkan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Dari pantauan di lokasi, Ilham yang menggunakan kacamata tampak hadir mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye sekitar pukul 10.00 WIB. Dikawal petugas, Ilham langsung memasuki ruang tahanan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Saya hadir sesuai ketentuan jalannya sidang," kata Ilham sambil tersenyum dan berjalan menuju ruang tahanan Pengadilan Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Selasa (15/9/2015).

Ilham dihadirkan di persidangan atas permintaan hakim pekan lalu. Hakim menegaskan jika Ilham tidak hadir, persidangan tidak bisa dilanjutkan. Sidang ini sudah tiga kali ditunda hakim lantaran ketidakhadiran Ilham yang menjadi tahanan KPK.

Sidang dijadwalkan berlangsung pukul 11.00 WIB di ruang sidang utama dengan dipimpin Hakim Ketua Achmad Rivai dengan agenda pembacaan permohonan PK dari Ilham.

Sebelumnya Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak permohonan praperadilan kedua yang diajukan mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Kamis 9 Juli.

Pertimbangan hakim adalah KPK telah memenuhi alat bukti untuk menetapkan Ilham sebagai tersangka dan sudah memenuhi alat bukti yang sah sesuai dengan KUHAP dan hukum acara yang berlaku.

Selain itu, Hakim juga menilai keputusan tersebut telah menimbang bahwa penyidik dan penyelidik KPK adalah sah.

Ilham Arief Sirajuddin ditetapkan tersangka oleh KPK pada 7 Mei 2014. Ilham diduga korupsi kerja sama rehabilitasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun anggaran 2006-2012.


(KRI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /