Warung di Atas Saluran Air Bakal Disapu Bersih

LB Ciputri Hutabarat    •    15 September 2015 12:00 WIB
penggusuran pasar
Warung di Atas Saluran Air Bakal Disapu Bersih
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. (Foto:MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggusur semua kios pedagang kaki lima (PKL) dan kioas pedagang pasar yang berdiri di atas saluran air. Selain bagian dari normalisasi, penertiban untuk membenahi kawasan kumuh.
 
"Saya sudah tegaskan, pasar manapun di Jakarta kalau ada di atas saluran air yang bisa menyebabkan banjir atau macet, harus dibogkar. Termasuk pasar yang tumpah ke jalan. Mohon maaf tidak ada toleransi," kata Gubernur DKI Jakart, Basuki Tjahja Purnama di Balai Kota, Selasa (15/9/2015).
 
Menurut Ahok, kios yang berdiri di atas saluran air akan memperparah bencana banjir. Ahok mengatakan, tak ada cara lain selain membongkar kios agar air tak terbendung.
 
"Cara atasi banjir adalah, air harus tersebar di semua sungai dan selokan.  Tentu sampai ke Utara kalau dia (air) rendah harus di pompa. Itu aja teknik atasi banjir," katanya.
 
Ahok akan memberi kelonggaran bagi pedagang yang tidak berada di atas saluran air. Mantan bupati Belitung ini akan memberikan waktu sampai adanya tempat relokasi yang tersedia.
 
"Tapi kios-kios yang tidak di atas saluran yang tidak nutupi jalan dan hanya dudukin lahan-lahan di pinggir saya toleransi sampai temukan lokasi pindahkan mereka," kata Ahok.
 
Ahok menegaskan, penggusuran pedagang Pasar Karang Anyar yang berdiri di atas saluran air sudah tepat. Pembongkaran dilakukan sesuai prosedur. Bukan seperti yang diinformasikan kepada warga sebelumnya.
 
"Tunggu saya lihat SP (surat peringatan) 1, SP 2, SP 3 baru SPB (surat perintah bongkar)," Ahok menegaskan.


(FZN)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

17 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /