Pemprov DKI akan Bangun Rusun untuk Orang Berduit

LB Ciputri Hutabarat    •    15 September 2015 12:22 WIB
rusunawa
Pemprov DKI akan Bangun Rusun untuk Orang Berduit
Rusun Jatinegara Barat di Jakarta. (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun rumah susun (rusun) sewa untuk masyarakat menengah. Rusun yang dibangun di tengah kota itu menjadi salah satu strategi menekan biaya hidup di Jakarta.
 
"Targetnya buat mereka yang berdasi, kerja di Jakarta, tapi tidak mampu beli rumah di sini. Hari biasa dia tinggal di situ dan akhir pekan pulang ke rumahnya," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).
 
Selain tekan biaya hidup, rusun dapat menekan laju transportasi di Ibu Kota. Ahok berpendapat, filosofi mengembalikan orang kota ke tempatnya dapat dilakukan.
 
"Analisa para ahli perkotaan ini adalah, bagaimana teknik mengembalikan orang kota yang kerja di kota tapi terpaksa tersingkir keluar karena biaya rumah yang mahal," ujar Ahok.
 
Rencananya, sewa rusun sekitar Rp100 ribu - Rp150 ribu per hari. Tak hanya warga Jakarta, warga luar Jakarta dapat menikmati fasilitas ini. Fasilitas light rail transit (LRT) akan mempermudah warga asal luar untuk bekerja di Jakarta.
 
"Di luar KTP DKI boleh sewa. Syaratnya, dia buktikan dia kerja di Jakarta. Hari kerja tidak ada lagi puluhan ribu dan jutaan mobil masuk ke Jakarta," katanya.
 
Rusun ini akan dibangun di Kemayoran, Pasar Rumput dan Pasar Minggu. Tak hanya itu, rusun akan dibangun di tengah kota yang berdekatam dengan perkantoran.
 
"Kemayoran itu daya tampung bisa 7.200, Pasar Rumput 2.300. Nanti Pasar Minggu bisa 2.300 apa 2.500. Di blok G Tanah Abang dan Grogol juga ada. Jadi nanti semua di pusat kota kita akan bangun banyak rusun," kata Ahok.


(FZN)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

23 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /