Kena Asap dari Indonesia, Dubes Singapura: Ayo Selesaikan!

Tri Kurniawan    •    15 September 2015 12:48 WIB
kebakaran hutan
Kena Asap dari Indonesia, Dubes Singapura: Ayo Selesaikan!
Kabut asap di sekitar Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur, Malaysia, 15 September 2015. AFP Photo/ Mohd Rasfan

Metrotvnews.com, Bandung: Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar mengatakan negaranya siap membantu Indonesia menyelesaikan masalah asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Beberapa hari ini, kabut asap dari Indonesia sudah masuk wilayah Malaysia dan Singapura.

"Ini (kabut asap akibat kebakaran hutan) satu masalah yang kita semua harus hadapi, ini bukan masalah Singapura atau Indonesia. Yang penting kita semua harus cari solusi yang lasting, bukan sementara agar masalah ini tidak
muncul lagi atau dikontrol," kata Anil Kumar Nayar, di Bandung, Selasa (15/9/2015).

Dia mengatakan persoalan kabut asap di Indonesia merupakan masalah lingkungan hidup, ekonomi, kesehatan yang dampaknya dirasakan oleh semua, khususnya warga Indonesia.

"Oleh karena itu, kita semua harus kerja sama untuk mencari solusinya, secepatnya, karena itu dampaknya bukan untuk satu negara tapi untuk semua," ujar dia.

Menurutnya, Singapura menyiapkan pesawat untuk memadamkan kebakaran hutan di Indonesia. "Kami sudah tawarkan untuk pesawat, maupun keahlian kami dari dulu. Bukan hanya sekarang, hampir 20 tahun," kata dia.

Anil mengatakan kabut asap kiriman Indonesia yang sampai di Singapura saat ini hampir sama dengan peristiwa dua tahun lalu. "Kadang-kadang lebih parah, tapi yang saya ingat ini seperti dua tahun lalu hampir seperti sekarang. Berarti kita harus cari solusi yang jangka panjang," kata dia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  menyatakan angin membawa asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan masuk ke Singapura dan sebagian wilayah Serawak, Malaysia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas  BNPB Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, angin yang mengarah ke Timur Laut menyebabkan asap dari Riau, Jambi dan Sumatera Selatan masuk ke wilayah Singapura.

"Sumber asap terbesar dari Sumsel," katanya, Jumat pagi 11 Agustus. (Antara)


(TRK)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /