Tak Ada Bantuan Pemkab, Korban Kekeringan Harapkan Polisi

Agus Josiandi    •    15 September 2015 14:46 WIB
kekeringan
Tak Ada Bantuan Pemkab, Korban Kekeringan Harapkan Polisi
Warga mengantre bantuan air bersih yang dilakukan Polsek Tragah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (15/9/2015). (Metrotvnews.com/Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Bangkalan: Hingga saat ini, sejumlah wilayah di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, masih mengalami krisis air bersih akibat kemarau yang berkepanjangan. Desa Tambin, Kecamatan Tragah, adalah salah satu wilayah yang kini merasakan dampak kekeringan.

Selama tak mendapat bantuan, warga terpaksa berjalan kaki ke desa sebelah untuk mendapatkan air bersih. Atau, bagi mereka yang mampu, bisa dengan membeli air yang diangkut dengan mobil tangki, karena di kawasan tersebut belum ada saluran air PDAM.

"Ya untung sekarang ada bantuan dari Pak Polisi (Polsek Tragah), jadi sementara ini kita nunggu bantuan air saja," terang Halim, salah seorang warga Dusun Laok Perreng, Desa Tambin, Kecamatan Tragah, Bangkalan, Selasa (15/9/2015).

Halim menerangkan, hingga hari ini, warga sekitar kampungnya belum tersentuh bantuan apapun dari Pemkab Bangkalan. Padahal, dengan kontur wilayah berupa perbukitan dan dipenuhi bebatuan, kawasan tersebut sangat tandus dan minim sumber mata air.

"Sumber mata air minim, kami pernah gali sumur sampai kedalaman 50 meter, air juga belum muncul. Karena itu bantuan air adalah hal yang diharapkan warga," ujarnya.

Atas program penyaluran air bersih tersebut, Kapolsek Tragah, AKP Asni Yabani menuturkan, aksi tersebut merupakan bentuk upaya membangun hubungan baik antara polisi dan warga. Sayangnya, minimnya sarana dan prasarana, baru tiga desa di kecamatan tersebut yang merasakan bantuan air bersih.

"Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga, tapi sayangnya sementara ini baru tiga desa yang merasakan, itupun kami harus bolak-balik ke warga karena ukuran tangki yang kami miliki tidak terlalu besar," ujar Asni.


(SAN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /