Imigrasi Minta Embarkasi Antara Jambi Dievaluasi

Antara    •    15 September 2015 17:55 WIB
haji 2015
Imigrasi Minta Embarkasi Antara Jambi Dievaluasi
Sejumlah petugas membantu seorang jemaah calon haji (JCH) Kota Jambi yang belum mendapatkan kepastian pemberangkatan di Asrama Haji Embarkasi Antara, Jambi, Selasa (8/9/2015). Foto: Wahdi Septiawan/Antara

Metrotvnews.com, Batam: Petugas imigrasi meminta pelaksanaan Embarkasi Haji Antara Jambi ditinjau kembali. Itu berdasarkan hasil rapat evaluasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam.

"Ada beberapa hal yang jadi fokus, di antaranya pihak imigrasi meminta kemungkinan perlunya ditinjau lagi Embarkasi Antara Jambi," kata Wakil Sekretaris PPIH Embarkasi Batam Widarto, Selasa (15/9/2015), seperti ditulis Antara.

Dalam rapat, pihak imigrasi menjabarkan kesulitan melakukan tugas keimigrasian terhadap calon haji Jambi yang hanya singgah sejenak di Bandara Hang Nadim Batam sebelum melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci.

Padahal, berdasarkan kesepakatan awal, seluruh dokumen dan persiapan keberangkatan jemaah calon haji Provinsi Jambi dilakukan di Jambi, termasuk keperluan keimigrasian. Namun, pada praktiknya, masih ada beberapa hal yang belum berjalan lancar.

"Mengingat kemarin ada hal-hal menyulitkan, artinya harus ditindaklanjuti," kata Widarto.

Namun, bila Embarkasi Haji Antara Jambi tetap diberlakukan, maka pihak imigrasi meminta komitmen petugas daerah dalam menjalankan aturan Custom, Immigration dan Quarantine (CIQ) di daerah.

Bagaimana pun, Widarto menjelaskan, pelaksanaan Embarkasi Haji Antara Jambi ditentukan oleh Kementerian Agama. "Keputusan di pusat, dari imigrasi kalau bisa ditinjau kembali," kata dia menegaskan.

Sementara PPIH Embarkasi Batam sendiri siap melaksanakan apa pun keputusan Kementerian Agama. Selama melayani Embarkasi Haji Antara Jambi pun, Embarkasi Batam terus bersiaga mengantisipasi berbagai hal terburuk. "Kami tetap bersiaga di Asrama Haji dan di Bandara, kalau ada sesuatu yang dibutuhkan," kata dia. 

Pada musim haji 2015, Embarkasi Batam memberangkatkan 8.911 orang calon haji yang terdiri dari 795 orang asal Kepri (kloter 1 dan 15), 4.036 calon haji Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 calon haji Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 calon haji Jambi (kloter 16-20).


(KRI)


Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018

10 minutes Ago

Kembalinya Etheridge ke Piala AFF ditandai dengan hasil positif. Filipina berhasil meraih kemen…

BERITA LAINNYA
Video /