Korban Penipu Pesan SMS Sebagian Besar Akademisi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    15 September 2015 21:51 WIB
penipuan
Korban Penipu Pesan SMS Sebagian Besar Akademisi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bandung: Baharudin, 26, terdakwa kasus penipuan melalui pesan singkat (SMS) banyak menyasar akademisi sebagai korban. Salah satu korban yang berhasil dia peras adalah Prof Eman Suparman dengan total Rp26 juta.

Ia mengaku penyebaran pesan singkat lakukan secara acak. "Saya kirim pesan saja mengenai undangan rakernas peningkatan kerja tenaga pendidikan yang diselenggarakan Dirjen Dikti," ungkapnya usai sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan R.E. Martadinata, Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (15/9/2015).

Ia mengatakan sudah empat tahun beraksi dengan modus serupa yang sasarannya sebagian besar akademisi. Nama-nama korban ia peroleh dari berselancar di internet dengan membuka situs universitas yang di dalamnya terdapat serentetan nama akademisi. Menurut Baharudin, tidak semua akademisi merespon pesan singkat yang dikirim.

"Paling kecil setiap bulannya saya dapat Rp1,5 juta. Paling besarnya saya dapat Rp26 juta," jelasnya.

Jurus tipu yang dilancarkan Baharudin yaitu membimbing korban yang lengah memindahkan uang rekening tabungan yang tersimpan di ATM ke rekening yang disebutkan terdakwa.

"Tiga bulan pertama ada pemasukan, tapi saya nombok karena pengeluaran pulsa yang besar. Awalnya tidak ada modal," ujarnya.



(UWA)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

12 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /