Lindungi Keselamatan TKI, JBM Desak DPR Sahkan UU PPTKILN

Wanda Indana    •    16 September 2015 10:31 WIB
tki
Lindungi Keselamatan TKI, JBM Desak DPR Sahkan UU PPTKILN
Diskusi Perumusan Rekomendasi Masyarakat Sipil Indonesia untuk AFML--Metrotvnews.com/Wanda

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaringan Buruh Migran (JBM) mendesak DPR RI untuk segera menyelesaikan dan mengesahkan revisi undang-undang tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (UU PPTKILN) nomor 39 tahun 2014. Pasalnya, sejak 2012 lalu, revisi UU itu sudah dibahas di Pansus DPR ternyata hanya berkutat pada judul semata.

Seknas JBM, Savitri Wisnuwardhani mengatakan, pembahasan revisi UU tersebut belum mengadopsi semangat dan belum sejalan dengan konvensi PBB 1990 tentang perlindungan Pekerja Migran. Hal itu, kata dia, menunjukkan pemerintah dan DPR masih menganggap buruh sebagai komoditas bukan manusia yang berhak mendapat perlindungan.

"TKI kita bukan komoditas yang seenaknya diperdagangkan, mereka manusia yang berhak mendapat perlindungan," kata Savitri dalam acara diskusi Perumusan Rekomendasi Masyarakat Sipil Indonesia untuk AFML, di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).

Savitri mengungkapkan, diawal pemerintahan Joko Widodo dan pergantian DPR 2014-2019, revisi UU PPTKILN kembali masuk prolegnas prioritas tahun 2015 dan dibahas oleh komisi IX DPR. Beruntung, pada 7 September lalu, Badan Lesgilasi (Bales) DPR menetapkan dan mengesahkan revisi UU PPTKILN untuk dibahas ditingkat antara DPR dan Pemerintah.

"Kami memberikan apresiasi, tapi kami juga mendesak Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk segera membahas revisi UU ke tingkat yang lebih tinggi yaitu Panitia Khusus (Pansus DPR)," tambahnya.

Selain itu, menyambut ASEAN Committee, JBM juga meminta pemerintah mendesak negara-negara ASEAN untuk meratifikasi konvensi PBB 1990 dan mendorong instrumen perlindungan buruh migran di ASEAN yang mengikat secara hukum dan sesuai standar konvensi PBB. "Komunitas ASEAN harus menjadi komunitas yang transparan dan bebas calo," pungkas dia.


(YDH)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /