Ahok Pastikan Pasar Karang Anyar Dibongkar Hari Ini

LB Ciputri Hutabarat    •    16 September 2015 10:59 WIB
penggusuran pasar
Ahok Pastikan Pasar Karang Anyar Dibongkar Hari Ini
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama memastikan Pasar Karang Anyar dibongkar hari ini. Kelurahan dan Kecamatan sudah mensosialisasikan dan memberikan arahan kepada pedagang sejak lama.
 
Ahok menegaskan, pembongkaran dilakukan karena pedagang mendirikan kios di atas saluran air. "Tetap dibongkar hari ini. Mereka ngotot bilang tidak kena banjir dan bukan saluran air. Padahal jelas dibawah kios mereka saluran air. Makanya beberapa bangunan di situ tergenang," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2015).
 
Menurut Ahok, banjir di daerah itu akibat penyumbatan saluran air. Dia bilang, banyak sampah yang dibuang di ruang hijau saat musim kemarau. Masalah itu diperparah saat salah satu dinas mengeluarkan kebijakan lokasi binaan (lokbin).
 
"Tambah kacau saat kebijakan dari dinas UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) membuat lokbin sementara. Boleh dipindah (pedagang) kalau ada tanahnya. Tapi cari tanah tidak dilakukan, malah bangun lokbin di atas saluran air dan area hijau," ujar Ahok.
 
Ahok juga menceritakan keheranannya kepada LSM yang menentang penggusuran pedagang Karang Anyar. LSM yang nuntut sama dengan LSM yang ribut-ribut saat banjir.
 
"Saya baca saya ketawa sama LSM yang protes ke saya. LSM ini protes ke saya waktu banjir. Bilang saya tidak kerja enggak ngatasi banjir. Pas saya ngatasi banjir bongkar kios-kios katanya bongkar kios. Enggak konsisten," kata Ahok.
 
Ada sekitar 400 pedagang di Jalan Karang Anyer, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat yang digusur. Mereka rencananya akan dipindahkan ke tiga pasar terdekat. Salah satunya adalah Pasar Rajawali


(FZN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

8 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /