Pasar Malam

Dimas Prasetyaning    •    16 September 2015 15:28 WIB
galeriindonesiakaya
Pasar Malam

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap fashion designer mempunyai cara berbeda mengharumkan nama negeri. Denny Wirawan, salah satu desainer lokal papan atas yang mencetuskan ide brilian melestarikan seni budaya Indonesia melalui kain tradisional.

Demi mengembalikan seni budaya Indonesia ke puncak kejayaan, Denny Wirawan menggelar pagelaran busana dengan tema Pasar Malam. Kelap-kelip lampu yang berpendar dari bianglala buatan dan tambahan tenda-tenda festival sengaja dipasang di catwalk, untuk menghadirkan aura pasar malam.

Denny mengaku, koleksi busananya kali ini terinspirasi dari batik Kudus yang punya warna cerah dan playful. Sejalan dengan batik Kudus yang jadi bahan dasarnya, pasar malam adalah aktivitas yang sangat Indonesia.

"Saya merasa sangat spesial, karena sebelumnya sama sekali tidak mengenal batik Kudus. Melalui kerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation, saya jadi mengenal batik ini. Ditambah sedikit konservasi kecil, kemudian survei di Kota Kudusnya dan mengamati pola-pola batik, terciptalah event ini," tutur Denny kepada Yovie Widianto dalam program IDEnesia.

Selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian mengungkapkan, kerja sama ini adalah visi dan misi Djarum Foundation untuk meningkatkan kecintaan masyarakat akan budaya asli Indonesia. Selama lima tahun terakhir, Bakti Budaya Djarum Foundation giat-giatnya mengadakan pelatihan rutin kepada kelompok pebatik muda di Kudus untuk menghidupkan lagi industri batik di sana.

"Bakti Budaya Djarum Foundation mempunyai pusat usaha di Kudus. Sebagai warga Kudus, kami memiliki tanggung jawab besar untuk melestarikan seni budaya khas Kudus. Sudah saatnya Batik Kudus tampil ke permukaan dan berada di kancah fashion Indonesia. Maka kami bekerja sama dengan Denny Wirawan yang memiliki tujuan serupa, yaitu mengangkat kembali budaya bangsa," kata Renitasari.

Pagelaran Pasar Malam terbilang istimewa. Selain menampilkan koleksi Batik Kudus yang telah disulap menjadi busana indah dan modern, Denny juga menggandeng sejumlah selebritas seperti Eliana Putri Antonio, Oscar Daniel, Ari Tulang, dan Yovie Widianto.

Sebanyak 22 koleksi Denny melalui second label-nya, Bali Java, ditampilkan di Pasar Malam. Mulai dari yang ringan, berat, klasik, hingga kontemporer.

Renitasari dan Denny berharap, gelaran Pasar Malam dapat diterima pecinta mode tanah air. Batik Kudus juga dapat kembali bergeliat di industri fesyen Indonesia.

Yovie Widianto akan mengupas lebih dalam lagi mengenai gelaran Pasar Malam dalam program IDEnesia di Metro TV pada Kamis (17/9/2015) pukul 22.30 WIB. Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(NIN)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /