Pascapembongkaran, Pasar Karang Anyar Dijaga Ketat 4 Hari

Deny Irwanto    •    16 September 2015 18:00 WIB
penggusuran pasar
Pascapembongkaran, Pasar Karang Anyar Dijaga Ketat 4 Hari
Petugas membongkar kios pedagang Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat. (Foto:MI/Galih)

Metrotvnews.com, Jakarta: Polis dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan menjaga Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, selama empat hari. Penjagaan dilakukan agar tak ada pedagang kembali berjualan.
 
Kapolsek Sawah Besar Kompol Ronald Pasaribu mengatakan, 400 anggota Satpol PP dan 140 personel gabungan dari Polres Jakarta Pusat dan Polsek Sawah Besar akan menjaga lokasi itu. "Penjagaan akan dilakukan selama empat hari,” kata Ronald di kawasan Pasar Karang Anyar, Rabu (16/9/2015).
 
Menurut Ronald, pembersihan puing bangunan di lokasi penertiban akan terus berlangsung. Setelah puing bangunan dibersihkan, selokan yang mampat di sepanjang Jalan Pasar Karang Anyar akan dikeruk.
 
"Jadi memakan sedikit waktu," katanya.
 
Walin Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, pembongkaran Pasar Karang Anyar untuk mengembalikan fungsi saluran air. "Pada prinsipnya pemerintah ingin Jakarta tertib. Kalau ada saluran air akan difungsikan sebagaimana mestinya," ujarnya.
 
Menurut Mangara, pengerukan saluran air di kawasan pasar Karang Anyar terakhir dilakukan sejak belasan tahun lalu. "Pengerukan terakhir dilakukan 1994, sejak itu tidak bisa dilakukan pembersihan karena sudah di tempati (pedagang). Kalau hujan saluran air tidak berfungsi,” ujarnya.
 
Dari pantauan di lokasi, pembongkaran lapak pedagang dilakukan sejak sekitar pukul 09.30 WIB. Puluhan petugas kebersihan Dinas Kebersihan membersihkan puing-puing sisa lapak. Tidak ada perlawanan saat pembongkaran, mereka pasrah. Pembongkaran lapak pedagang ini mendapat pengawalan ketat dari puluhan aparat Satpol PP.


(FZN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /