Sultan Dilaporkan ke Presiden, Tim Hukum: Silakan!

Ahmad Mustaqim    •    16 September 2015 18:40 WIB
sengketa tanah
Sultan Dilaporkan ke Presiden, Tim Hukum: Silakan!
Sultan Hamengku Buwono X bertemu Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Foto: Antara/Prasetyo

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Anggota Tim Hukum Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Achiel Suyanto mengatakan tidak masalah jika warga nonpribumi melaporkan Sultan Hamengku Buwono X ke Presiden Joko Widodo terkait konflik tanah di Yogyakarta. 

Ia tetap berkukuh surat keputusan bernomor K.898/I/A/1975 yang diteken Wakil Kepala Daerah DIY waktu itu, Paku Alam VIII tertanggal 5 Maret 1975, yang melarang WNI nonpribumi memiliki hak atas tanah, akan tetap berlaku. "Silakan. Itu hak mereka untuk melaporkan," kata Achiel melalui sambungan telepon, Rabu (16/9/2015).

(Baca: Konflik Tanah, Sultan Yogya Dilaporkan ke Presiden Jokowi)

Ia menjelaskan, bagi siapa pun yang memutuskan untuk tinggal di Yogyakarta harus mematuhi aturan yang ada. Menurutnya, aturan itu sebagai salah satu bentuk dari keistimewaan yang dimiliki Yogyakarta.

"Tak perlu ada dialog dengan mereka (warga nonpribumi)," ujar lelaki bergelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Nitinegoro ini.

Achiel menegaskan jika aturan tersebut memiliki sejarah panjang. Tujuannya, kata dia, adanya pemerataan agar kepemilikan tanah di Yogyakarta tidak dikuasai ekonomi kuat. Menurutnya, warga nonpribumi di Yogyakarta banyak yang memiliki tingkat ekonomi lebih kuat daripada pribumi.

"Kecuali jika diperoleh dengan cara tidak benar. Misalnya dengan memberikan sesuatu kepada pegawai pertanahan agar bisa memiliki tanah," ungkapnya.

Sebelumnya, Gerakan Anak Negeri Anti Diskriminasi (GRANAD) melaporan Sultan HB X ke Presiden Jokowi. Surat laporan bertanggal 12 September 2015 dan nomor 001/GRANAD/IX/2015 itu bertuliskan "Laporan Tentang Potensi Indikasi Gerakan Separatis di DIY" yang dikirim melalui pos pada Senin (14/9/2015) lalu.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /