JK: Pemerintah akan Sebar Bibit Sapi untuk Menekan Impor Sapi

Dheri Agriesta    •    16 September 2015 22:29 WIB
sapi
JK: Pemerintah akan Sebar Bibit Sapi untuk Menekan Impor Sapi
Illustrasi. MTVN/Ismail

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berniat untuk meningkatkan populasi sapi untuk menekan upaya impor daging ketika daging sapi mulai langka di pasar. Pemerintah pun berniat untuk mengimpor bibit sapi dan menyebar bibit-bibit itu disejumlah daerah untuk dibiakkan.


"Sapi itu asalnya dari bibit sapi. Maka produksi bibitnya yang diimpor dan kemudian dikasih, dibibitkan ke daerah-daerah yang banyak tebu, sawit, nanas supaya itu kemudian dapat lebih cepat dan lebih murah," kata JK di Kantor Kementerian Pertanaian, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015).


JK pun akan mengerahkan kredit usaha rakyat untuk mendukung program itu. JK menyadari, perlu usaha yang cukup keras untuk membudidayakan sapi karena punya sifat yang berbeda seperti pertanian.


Ternak, kata dia, tak bisa ditargetkan seperti pertanian yang bisa dipanen sebanyak tiga kali dalam setahun. Butuh waktu yang cukup lama untuk membiakkan bibit-bibit sapi itu agar layak potong.


"Saya kira kalau kita mulai lima tahun yang lalu sekarang sudah swasembada. Jadi berapapun itu harus mulai dari sekarang. Jadi sekali lagi sapi itu bibitnya harus banyak," kata dia.


Selain itu, pemerintah juga membuat aturan untuk pemotongan sapi yang siap potong. Lanjut JK, sapi betina tak boleh dipotong secara sembarangan.


" Kalau masih kekurangan maka sementara untuk tahun-tahun ke depan masih harus impor dengan porsi yang terus dikurangi," pungkas JK.






(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

18 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /