Kembangkan Usaha, PTBA Hentikan Eksplorasi 6 Bulan

Ade Hapsari Lestarini    •    17 September 2015 11:28 WIB
ptba
Kembangkan Usaha, PTBA Hentikan Eksplorasi 6 Bulan
Ilustrasi tambang batu bara. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Manajemen PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melaporkan perseroan tidak memiliki aktivitas eksplorasi selama enam bulan pada periode Oktober 2015-Maret 2016.

Perseroan tidak memiliki aktivitas eksplorasi untuk penambahan sumber daya batu bara atau untuk mengetahui cadangan sumber daya alam lainnya dalam rangka pengembangan usaha perseroan.

Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bukit Asam, Joko Pramono, dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (17/9/2015).

Menurut dia, kegiatan eksplorasi yang dilakukan PTBA saat ini hanya bersifat mendukung perencanaan produksi di lokasi-lokasi tambang eksisting yang bertujuan untuk mendapatkan data kualitas batu bara dan analisis geoteknik untuk keperluan produksi harian dan jangka pendek.

"Jumlah sumber daya PTBA sebagaimana yang disampaikan ke publik adalah sebanyak 7,29 miliar ton dengan total jumlah cadangan sebanyak 1,99 miliar ton," ungkap dia.

Merujuk kepada jumlah produksi saat ini rata-rata sebesar 20 juta per tahun dan rencana pengembangan dalam kurun waktu lima tahun ke depan diestimasikan mencapai 50 juta ton per tahun, maka dapat diperkirakan cadangan PTBA akan habis lebih dari 40 tahun lagi.

Dia mengungkapkan, penyampaian laporan aktivitas PTBA per enam bulan merujuk pada surat BEI (d/h Bursa Efek Jakarta) mengenai penyampaian laporan bulanan aktivitas eksplorasi emiten pertambangan non oil dan gas.

"Bahwa untuk mempertimbangkan efektivitas pelaporan, maka dalam hal perseroan memang tidak lagi melakukan aktivitas eksplorasi. Maka bursa memberikan pengecualian kepada perseroan untuk dapat tidak menyampaikan laporan bulanan aktivitas eksplorasi," jelas dia.

Adapun sebagai pengganti pelaporan bulanan, perseroan wajib menyampaikan pelaporan aktivitas eksplorasi per enam bulan sekali.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

9 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /