Ketua Komisi VII Minta Harga BBM Turun

Annisa ayu artanti    •    17 September 2015 12:29 WIB
harga bbm
Ketua Komisi VII Minta Harga BBM Turun
Ilustrasi (MI/Sumaryanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Kardaya Warnika meminta agar harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa turun di tengah kondisi harga minyak dunia yang sekarang ini juga mengalami penurunan, yakni dikisaran USD47,15 per barel.

"Kami meminta harga BBM itu turun. Karena apa? Karena pertama karena harga minyak dunia turun," kata Kardaya, usai menghadiri diskusi bertajuk 'Kebijakan Energi Nasional 2050: Paradigma Baru Dalam Pengelolaan Energi sebagai Modal Pembangunan', di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Menurutnya, sudah seharusnya harga BBM di dalam negeri turun. Hal ini perlu dilakukan karena asumsi harga minyak dunia dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 ditetapkan sekitar USD60 per barel. Sementara saat ini harga minyak dunia berada di kisaran USD40 per barel sampai dengan USD45 per barel.

"Sekarang harga minyak kisaran USD40 per barel sampai USD 45 per barel. Jadi, turun sekitar 27 persen. Kita juga sadar dan tahu itu dihitung pada asumsi kurs dolar pada waktu itu Rp12.500 per USD sampai Rp13.000 per USD," jelas dia.

Apalagi, lanjutnya, sektor listrik telah menurunkan tarif listrik sebagai respon dari menurunnya harga minyak dunia sekarang ini. Dalam hal ini, Karya berpendapat, secara logika harga BBM sudah sepantasnya diturunkan. 

"Sehingga harga BBM logikanya harus turun. Kita juga melihat penurunan harga tarif listrik. Harusnya harga minyak turun. Kita juga harus sejalan," pungkas dia



(ABD)

Hadapi PSG jadi Pembuktian Kualitas Madrid
Real Madrid 2017--2018

Hadapi PSG jadi Pembuktian Kualitas Madrid

5 minutes Ago

Paris Saint-Germain akan menjadi lawan Real Madrid pada babak 16-besar Liga Champions 2017--201…

BERITA LAINNYA
Video /