Menteri PUPR: Pembangunan Sejuta Rumah Capai 493.552 Unit

Husen Miftahudin    •    17 September 2015 13:22 WIB
sejuta rumah
Menteri PUPR: Pembangunan Sejuta Rumah Capai 493.552 Unit
Suasana forum diskusi bertajuk bersama mewujudkan program sejuta rumah (Foto: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sudah mencapai 49 persen atau sebanyak 493.552 unit.

Pembangunan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sudah mencapai 357.906 unit atau 59,3 persen dari target sebesar 603.516 unit. Sedangkan pembangunan rumah non-MBR telah mencapai 135.646 atau 34,2 persen dari 396.484 unit target pembangunan.

"Ternyata sekarang, dari data Bank Indonesia itu rumah menengah ke atas pasarnya menurun. Tapi yang menengah ke bawah itu naik dan membesar," ujar Basuki, dalam forum diskusi bertajuk 'Bersama Mewujudkan Program Satu Juta Rumah', di Hotel Santika Premiere, Jalan Aipda KS Tubun No 7 Slipi, Jakarta Barat, Kamis (17/9/2015).

Tak ayal, lanjut dia, anggaran subsidi pembiayaan perumahan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp5,1 triliun ludes. Subsidi yang dikucurkan melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tersebut langsung diserap oleh MBR.

"Jadi, dari APBN kita punya Rp8,1 triliun dan dari FLPP Rp5,1 triliun. FLPP sendiri untuk kredit itu sudah habis sampai bulan Juni kemarin. Dari APBN sudah progres semuanya dan sekarang sudah 98 ribu yang sekarang sedang under construction," papar dia.

Dalam rangka Program Sejuta Rumah, lanjut Basuki, potensi pembiayaan mencapai Rp67,8 triliun yang akan dipenuhi sebagian dari APBN, dana bantuan uang muka perumahan dari BPJS ketenagakerjaan, Bapertarum-PNS, PT Taspen, dan Perum Perumnas, serta FLPP.

Selain itu, lanjutnya, Program Sejuta Rumah merupakan program nasional yang memiliki konsep hunian 7,6 juta, konsep kepemilikan 13,5 juta unit, dan tidak layak 3,5 juta. "Target masyarakat penerima program ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah yang merupakan konsumen untuk membeli rumah tapak dan rumah susun rusun," pungkas Basuki.



(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /