Distanak Bangkalan Imbau Peternak Hewan Kurban Waspadai Parasit

Agus Josiandi    •    17 September 2015 13:41 WIB
idul adha
Distanak Bangkalan Imbau Peternak Hewan Kurban Waspadai Parasit
Foto: Pemeriksaan hewan kurban di salah satu kandang di Bangkalan/MTVN_Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengimbau peternak memeriksa kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha 1436 Hijriah. Petugas juga meminta peternak mewaspadai parasit di tubuh hewan kurban.

"Secara umum, kualitas kesehatan hewan kurban enggak ada masalah. Hanya ditemukan beberapa hewan yang ada parasitny, sejenis kutu yang berkembang biak karena kebersihan hewan kurang terjaga," kata Staf Distanak Kabupaten Bangkalan, Suba'i, di Kabupaten Bangkalan, Kamis (17/9/2015).

Suba'i mengatakan parasit yang berkembang biak di tubuh sapi, kerbau, atau kambing dalam jangka panjang dapat membahayakan konsumen. Kebersihan hewan ternak dapat dijaga dengan cara memandikannya. Selain itu, antisipasi kembang biak parasit juga dapat dilakukan dengan menyuntikkan serum antiparasit.

"Enggak sulit kok mengatasi ini (parasit). Harga serumnya pun enggak mahal. Sepele memang tapi dalam jangka panjang parasit ini bisa menggangu pertumbuhan hewan, kasihan kan peternaknya," kata dia.

Distanak Bangkalan mengklaim secara umum hewan kurban di Bangkalan tak ada masalah tahun ini. Suba'i mengimbau warga tak perlu khawatir mengonsumsi daging hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatannya.


(TTD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /