Dishub DKI Berusaha Legalkan Go-Jek

Intan fauzi    •    17 September 2015 14:11 WIB
gojek
Dishub DKI Berusaha Legalkan Go-Jek
Foto:www.gojek.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta berusaha melegalkan angkutan umum roda dua berbasis aplikasi. Pasalnya, selain dibutuhkan masyarakat, Go-Jek dapat mengurangi pengangguran di Ibu Kota.
 
“Kami akui angkutan umum roda dua tidak diatur undang-undang. Tapi harus diakui keberadaannya mengurangi pengangguran dan banyak dimanfaatkan masyarakat. Saya rasa masyarakat menyepakati itu,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (17/9/2015).
 
Andri mengaku, mendukung keberadaan layanan transportasi berbasis aplikasi itu. Ia akan mendorong revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).
 
"Kami dorong itu untuk revisi. Itu (angkutan umum berbasis aplikasi) bagus, pengemudi sama pengendara dapat asuransi Rp10 juta per orang," kata Andri.
 
Andri mengaku, sedang berkoordinasi dengan pendiri Go-Jek Nadiem Makarim terkait usulan revisi UU. Usulan dapat diajukan pemerintah daerah atau pemilik usaha atas nama masyarakat ke DPR. "Lu (Go-Jek) bikin, gue (Dishub) bikin. Bisa dari pemerintah, eksekutif, legislatif, masyarakat," ujar Andri.
 
Menurut dia, Go-Jek berbeda dengan perusahaan lain serupa, seperti Grabcar dan Uber. Sebab keduanya terkesan tak ingin mengikuti aturan pemerintah. Go-Jek memiliki itikad baik untuk mematuhi aturan pemerintah.
 
"Kalau Grabcar sama Uber diatur undang-undang. Tapi tidak ingin menjalankan, kita kesal juga sama mereka. Go-Jek mau patuh nurut sama pemerintah tapi keberadaan mereka belum diatur undang-undang," ujarnya.
 
Andri mengusulkan, Go-Jek dibuat sistem angkutan jasa perorangan. Namun, Ia berharap tak ada Driver Go-Jek mangkal pinggir jalan. "Konsepnya angkutan jasa perorangan. Tapi kalau sudah terakomodir tidak boleh mangkal," tegas Andri.
 
Andri akan mendorong Go-Jek menaungi seluruh ojek pangkalan di Ibu kota untuk bergabung. "Nanti kita arahkan ke sana (menaugi semua ojek)," katanya.


(FZN)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /