Komisi VII Sokong Pertamina Kurangi Harga Elpiji 12 Kg

Annisa ayu artanti    •    17 September 2015 14:27 WIB
elpiji
Komisi VII Sokong Pertamina Kurangi Harga Elpiji 12 Kg
Ilustrasi -- FOTO ANTARA/Ismar Patrizki

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi VII DPR mendukung keputusan PT Pertamina (Persero) yang menurunkan harga elpiji 12 kilogram (kg) karena karena telah mengurangi beban masyarakat ditengah kondisi perekonomian saat ini.

Ketua Komisi VII DPR-RI Kardaya Warnika mengatakan hal tersebut bagus sebagai upaya pemerintah membantu masyarakat menengah ke bawah.

"Harga elpiji saat ini, saya kira itu bagus. Karena akan mengurangi beban masyarakat. Khususnya menengah ke bawah, karena sekarang kita sedang mengalami krisis," kata dia usai menghadiri diskusi Kebijakan Energi Nasional 2050: Paradigma Pengelolaan Energi 'Energi Sebagai Pembangunan', di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Menurutnya, dengan menurunkan harga elpiji 12 kg dari semula Rp142.000 per tabung menjadi Rp135.300, berarti secara tidak langsung pemerintah telah mengurangi beban masyarakat. "Sebetulnya kita (pemerintah) harus bisa melakukan sesuatu yang bisa mengurangi beban yang kena krisis," tutur dia.

Sebagai informasi, per 16 September 2015, Pertamina menyatakan telah menurunkan harga elpiji 12 kg sebesar Rp6.000 per tabung dari semula Rp142.000 menjadi Rp135.300.

"Dengan penurunan harga ini diharapkan konsumen, terutama konsumen rumah tangga yang merupakan konsumen utama dari elpiji 12 kg dapat merasakan manfaatnya," kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang beberapa waktu lalu.

Ahmad Bambang menjelaskan penyesuaian harga elpiji ini dilakukan berdasarkan data historis harga CP Aramco dan juga kurs dolar AS terhadap rupiah, serta estimasi pergerakan keduanya.

"Untuk wilayah Jabodetabek harga elpiji 12 kg turun Rp6.400 per tabung dengan harga di agen turun dari Rp141.000 per tabung menjadi Rp134.600 per tabung. Penyesuaian harga juga dilakukan untuk merek-merek LPG non PSO lainnya dengan besaran tidak jauh berbeda per kilogram-nya," jelas Ahmad Bambang.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /