Tahun Depan, Relawan PMI Ikut Padamkan Kebakaran Hutan

Dheri Agriesta    •    17 September 2015 15:02 WIB
pmi
Tahun Depan, Relawan PMI Ikut Padamkan Kebakaran Hutan
Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Palang Merah Indonesia memberikan masker ke warga yang terkena asap kebakaran hutan. Namun, gerakan itu dirasa tidak cukup. Relawan PMI akan ikut terlibat langsung memadamkan api.

"Kami usaha tahun depan lebih proaktif bantu masyarakat, kami kirimkan Hagglund, kendaraan off road, lalu kami bantu bersama," kata Ketua Pelaksana Harian Ginandjar Kartasasmita usai menutup peringatan 70 tahun PMI di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2015).

Hagglund adalah kendaraan jenis amfibi yang biasa digunakan kalangan militer. Dengan roda rantai seperti kendaraan tank, Hagglunds bisa menembus medan superberat seperti rawa, lumpur, perbukitan, dan salju.

Ginandjar menyebut, pembagian masker sudah menjadi kegiatan rutin PMI saat bencana asap mencuat setiap tahun. PMI bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu korban asap.

Seperti membuka posko bantuan di beberapa daerah terkena dampak asap kebakaran hutan, baik di Sumatera dan Kalimantan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI meminta PMI menyiapkan diri untuk lebih berperan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan pada tahun depan.

"Tahun ini kita siapkan dulu sarana, siapkan Hagglund, air untuk pemadamnya, juga tenaganya dilatih, karena PMI tidak dilatih menjadi pemadam kebakaran di hutan-hutan," kata Jusuf Kalla.


(TRK)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /