Warga Sekitar Pelabuhan Cirebon Hirup Debu Batu Bara

Ahmad Rofahan    •    17 September 2015 16:30 WIB
pelindo
Warga Sekitar Pelabuhan Cirebon Hirup Debu Batu Bara
Warga di sekitar Pelabuhan Cirebon tengah membersihkan rumah akibat debu batu bara.(Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Polusi debu batu bara yang dihasilkan oleh proses bongkar muat di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat sudah masuk taraf menghawatirkan. Ribuan warga di wilayah pesisir pantai merasakan dampaknya dari aktivitas pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II itu.

“Di kelurahan ini ada sekitar 5.000 jiwa yang merasakan dampak paling parah akibat polusi debu batu bara,” ujar Ato, warga Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (17/9/2015).

Menurutnya, polusi udara yang dihasilkan oleh aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Cirebon sudah sangat menganggu dan membahayakan. Hampir di seluruh RW yang ada di Keluarhan Panjunan merasakan dampaknya.

Ato bersama warga lainnya, mengajak Metrotvnews.com berkeliling dan melihat langsung dampak yang dirasakan warga keluarahan Panjunan.

“Semua lantai rumah yang ada di sini, pasti ada debu hitam karena batu bara. Dan itu kita hirup seharian penuh,” kata Ato sembari menunjuk lantai rumah yang penuh debu batu bara.

Damid, tukang becak, asal Kelurahan Panjunan mengaku harus mengungsikan anaknya ke luar daerah. Anaknya menderita flek paru-paru, sehingga harus menjauh dari kawasan tersebut.

Warga Kelurahan Panjunan meminta pemerintah segera memperhatikan nasib warga yang berada di sekitar Pelabuhan Cirebon. "Kami minta ditutup saja, karena mereka juga tidak memikirkan kesehatan warga sama sekali. Warga di sini banyak yang sakit hingga meninggal gara-gara debu batu bara,” kata Ato.

Sementara itu, Jafaruddin, Anggota Komisi C DPRD Kota Cirebon mengaku sudah mendapatkan laporan dari masyarakat. Dia merasa prihatin dan akan mendorong pemerintah kota untuk segera merespons keluhan warga.

“Semalam saya diundang oleh warga hingga jam 12 malam. Membahas masalah ini. Ternyata dampaknya luar biasa. Kami akan bahas ini di dewan dan akan kita tindak lanjuti,” kata Jafar.


(SAN)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

6 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /