Pemerintah akan Tawarkan Sukuk Rp13,7 triliun di 2016

   •    17 September 2015 17:55 WIB
sukuk ritel
Pemerintah akan Tawarkan Sukuk Rp13,7 triliun di 2016
Illustrasi. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta:Pemerintah akan menawarkan surat berharga syariah negara berbasis proyek atau Sukuk seri PBS senilai Rp13,7 triliun pada 2016. Penerbitan ini untuk menutupi kekurangan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur yang dibutuhkan dalam lima tahun ke depan.

Deputi Pendanaan Pembangunan Bappenas Wismana Adi Suryabrata mengatakan dari rencana penerbitan Sukuk seri Project Based Sukuk (PBS) 2016, proyek pembangunan jalan dan jembatan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendapat alokasi paling besar senilai Rp7,2 triliun.
 
"Nilai Sukuk tahu depan naik hampir dua kali lipat dibanding 2015," ujar Wismana, sebagaimana dikutip dari Antara di Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Nilai sukuk proyek tersebut sudah dicantumkan dalam Rancangan APBN 2015 dan sedang dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada 2015, menurut data Bappenas, nilai sukuk berbasis proyek yang ditawarkan pemerintah kepada investor sebesar Rp7,1 triliun. Untuk tahun depan, Wismana mengatakan potensi penarikan dana dari sukuk masih akan prospektif.

Beberapa investor, terutama dari Timur Tengah sudah menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi dalam sukuk yang diterbitkan Pemerintah Indonesia. Misalnya, lembaga keuangan Noor Bank, dari Uni Emirat Arab pada akhir Agustus 2015 lalu menyatakan minatnya untuk membeli sukuk pemerintah Indonesia dengan nilai lebih dari USD500 juta.

Berdasarkan data Bappenas, dari total nilai sukuk Rp13,7 triliun, sebanyak Rp7,2 triliun akan digunakan untuk proyek jalan dan jembatan di Kementerian PU-Pera, Rp5,0 triliun untuk proyek kereta api di Kementerian Perhubungan, dan pembangunan sarana dan prasarana religi di Kementerian Agama senilai Rp1,5 triliun.

Untuk proyek jalan dan jembatan, alokasi pendanaan terbesar dari sukuk diberikan untuk proyek jalan dan jembatan di Kalimantan Timur senilai Rp860,3 miliar dan Papua senilai Rp670,5 miliar. Sedangkan, untuk proyek kereta api, alokasi pendanaan terbesar dari Sukuk untuk proyek pembangunan jalan layang Kereta Api di Medan-Bandara Khalifah Baru lintas Medan-Araskabu-Kualanamu senilai Rp1,43 triliun.


(SAW)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /