Kemenperin akan Umumkan 15 Deregulasi Akhir September 2015

Gervin Nathaniel Purba    •    17 September 2015 20:21 WIB
kementerian perindustrian
Kemenperin akan Umumkan 15 Deregulasi Akhir September 2015
Illustrasi. Foto terbit

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan segera mempercepat penyelesaian 15 deregulasi yang terkait bidang perindustrian pada akhir September 2015.

Seperti diketahui, deregulasi tersebut meliputi satu Peraturan Pemerintah terkait Sarana Penunjang Pengembangan Industri (Kawasan Industri) serta 14 Peraturan Menteri Perindustrian terkait rekomendasi izin ekspor dan impor. Namun deregulasi tersebut bukan menghilangkan peraturan yang ada, tetapi pihaknya akan memperbaiki cara-cara pengendaliannya.

"Ini untuk mengawasi agar lebih efisien sehingga tidak akan mempersulit pelaku usaha seperti dalam proses izin ekspor dan impor," Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Sedangkan untuk deregulasi PP Kawasan Industri, akan ada langkah perbaikan berupa pemisahan substansi terkait kawasan industri dari RPP Sarana dan Prasarana Industri menjadi RPP tersendiri. Kemudian akan dilakukan percepatan pelaksanaan harmonisasi di Kementerian Hukum & HAM.

"Diharapkan dengan terbitnya PP terkait Kawasan Industri akan mempermudah pelaksanaan pembangunan Kawasan Industri," jelas Hidayat.

Dia melanjutkan deregulasi itu dilakukan untuk meningkatkan efisiensi industri. Selain akan menghilangkan beban impor sehingga tersedianya barang terkait dan menjadi lebih murah.

"Penyusunan revisi permenperin tersebut akan menjadi tanggung jawab Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI)," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai langkah untuk mendukung pelaksanaan deregulasi. Diantaranya merasionalisasi peraturan dengan menghilangkan duplikasi/redundansi/irrelevant regulations, melakukan keselarasan antar peraturan, dan melakukan konsistensi peraturan.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /