Ini Alasan Masyarakat Indonesia Gemar Menabung Dibanding Investasi

Husen Miftahudin    •    17 September 2015 20:52 WIB
investasi
Ini Alasan Masyarakat Indonesia Gemar Menabung Dibanding Investasi
Illustrasi.MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: President Director Syailendra Capital, Jos Parengkuan mengungkapkan, saat ini masyarakat Indonesia lebih memilih bank untuk menyimpan dana dibanding investasi. Padahal menyimpan dana di bank sendiri tak mampu menyeimbangi laju inflasi yang tiap tahunnya terus meningkat.

Menurut Jos, alasan masyarakat enggan berinvestasi adalah karena takut mengambil resiko dan merasa lebih aman jika menyimpan di bank. Hal ini menunjukkan masyarakat Indonesia masih minim dalam berinvestasi, baik berupa saham maupun reksadana.

"Hingga kini, masyarakat lebih memilih bank untuk menyimpan dananya. Bahkan di Indonesia, sekitar 90 persen dana masyarakat ada di bank. Sementara di pasar modal dengan didalamnya reksadana, jumlahnya tidak sampai 1 persen," ujar Jos dalam acara InvestDay 2015 di Graha CIMB Niaga, Jalan Jenderal Sudirman Kav 59, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015).

Saat ini, terang dia, tenaga kerja yang ada di Indonesia mencapai sebanyak 125 juta orang, 40 juta bekerja di sektor formal dan 85 juta orang bekerja di sektor non formal. Sayangnya, jumlah masyarakat yang berinvestasi di reksadana tak sampai satu persen dari jumlah tenaga kerja yang ada, yakni hanya 450 ribu.

Menurut Jos, hal ini karena pengetahuan masyarakat yang masih minim tentang pasar modal. Bahkan, jumlah investor reksa dana masih minim, jika dibandingkan total penduduk Indonesia dan jauh tertinggal dibandingkan jumlah investor dalam lingkup ASEAN.

Maka itu, untuk meningkatkan jumlah masyarakat berinvestasi di reksa dana, harus perlu kampanye edukasi. Selain itu, melakukan program pendidikan dengan 3I yakni insyaf, irit, dan investasi.

"Peluangnya memang cukup besar berinvestasi di pasar modal. Apalagi pertumbuhan  di pasar modal sebenarnya lebih besar dibandingkan perbankan," pungkas Jos.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /