Ajax vs Celtic

Ditahan Imbang Celtic, Pesta Ajax Kurang Meriah

Hilman Haris    •    18 September 2015 01:55 WIB
liga europa
Ditahan Imbang Celtic, Pesta Ajax Kurang Meriah
Ajax ditahan imbang Celtic dengan skor 2-2 (OLAF KRAAK / ANP / AFP)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Pesta Ajax Amsterdam, untuk merayakan pertandingan ke-500 di Amsterdam ArenA kurang meriah. Pasalnya, Ajax hanya bisa meraih hasil imbang 2-2 kontra Celtic FC pada laga perdana penyisihan Grup A Liga Europa 2015--2016, Jumat 18 September. 

Celtic mencetak gol lebih dulu melalui sepakan Nir Biton pada menit kedelapan. Ajax baru bisa membalas pada menit ke-24. Gol diciptakan oleh Viktor Fischer setelah memanfaatkan umpan matang Davy Klaassen dari sisi sayap. Gol Fischer mendapat tepuk tangan meriah penonton karena pemain bernomor tujuh itu memasukkan bola dengan menggunakan tumit.

Tuan rumah berhasil mengontrol pertandingan sejak menyamakan kedudukan. Sementara itu,  Celtic terlihat kehilangan arah dan kerap melakukan kesalahan-kesalahan di area pertahanan. Skuat asuhan Ronny Deila itu seolah tidak bermain sebagai tim yang baru saja mencatatkan  rapor 17 laga tanpa kekalahan di semua ajang.

Beruntung bagi Celtic, Ajax gagal menambah skor pada babak pertama walau kerap mendapatkan peluang emas mencetak gol dan menguasai pertandingan.  Anwar El Ghazi dkk sering terburu-buru menyelesaikan peluang sehingga beragam sepakan dari dalam kotak penalti tidak tepat sasaran.

Alih-alih mencetak gol kedua, gawang Ajax justru kebobolan. Dalam situasi sepak pojok, Celtic sanggup mencetak gol kedua melalui sundulan Mikael Lustig. Bek asal Swedia itu berhasil memasukkan bola ke dalam gawang lantaran tak terkawal di area penalti.

Seolah tidak mau dibuat malu di kandang sendiri, Ajax akhirnya menaikkan tempo permainan pada babak kedua. Melalui serangan yang dibangun dengan umpan-umpan pendek, Ajax sukses menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-58 dan ke-66. Tapi usaha keduanya gagal mengubah skor.

Gol yang ditunggu-tunggu fan Ajax akhirnya tercipta pada menit ke-84. Gol diciptakan dari situasi tendangan bebas. Lasse Schone yang dipercaya sebagai algojo berhasil melepaskan sepakan melengkung yang gagal diantisipasi kiper Celtic.

Ajax makin bernafsu mencetak gol ketiga setelah itu. Nahas, dewi fortuna tidak berpihak kepada mereka. Meski menyerang pertahanan Celtic secara spartan, Ajax gagal mencetak gol kemenangan sehingga harus puas mengakhiri laga dengan skor 2-2.



Susunan pemain

Ajax: Cillessen, Veltman, Riedewald, Kenny Tete, Dijks, Fischer, Sinkgraven, Gudelj, Klaassen, Younes, El-Ghazi
Celtic: Gordon, Izaguirre, Simunovic, Boyata, Lustig, Biton, Brown, Commons, Johansen, Forrest, Griffiths



(HIL)