Bordeaux vs Liverpool

Gagal Menang Kontra Bordeaux, "Awan Hitam" Belum Menjauhi Liverpool

Hilman Haris    •    18 September 2015 02:05 WIB
liga europa
Gagal Menang Kontra Bordeaux,
Bordeaux vs Liverpool (MEHDI FEDOUACH / AFP)

Metrotvnews.com, Bordeaux: Awan hitam belum menjauh dari Liverpool. Setelah kalah pada dua laga terakhir di Liga Primer Inggris 2015--2016, The Reds kembali gagal menang usai ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Bordeaux pada laga penyisihan grup Liga Europa 2015--2016, Jumat 18 September.

Manajer The Reds, Brendan Rodgers mengambil putusan berani pada laga ini. Meski tampil di pentas Eropa, mantan manajer Swansea City itu menurunkan skuat yang didominasi pemain muda. Tercatat, hanya Kolo Toure yang berusia di atas 30 tahun.

Eksperimen Rodgers terbukti tidak memberikan hasil maksimal. Lini depan yang dikomandoi oleh Divock Origi jarang membahayakan pertahanan dan gawang Bordeaux. Para gelandang juga kurang bisa mengontrol pertandingan.

The Reds praktis hanya memiliki satu peluang emas pada interval pertama. Tepatnya pada menit kesembilan ketika Emre Can melakukan sepakan akrobatik dari dalam kotak penalti. Namun usahanya sia-sia karena bola bergulir terlalu pelan dan berhasil ditangkap kiper tim tamu.

Anehnya, Bordeaux juga tidak bisa memanfaatkan dengan baik performa kurang spesial The Reds. Serangan dari semua lini terlihat kurang agresif. Hanya segelintir serangan yang bisa menciptakan peluang berbahaya.

Satu serangan Bordeaux yang sempat membuat fan Liverpool menghela napas terjadi pada menit ke-11. Pada saat itu, striker Diego Rolan berhasil lolos dari jebakan offside dan berhadapan langsung dengan kiper The Reds, Simon Mignolet. Namun gol tidak tercipta lantaran bola hasil sepakan lambung Rolan melayang di atas mistar gawang.

Bordeaux kembali menciptakan peluang pada menit ke-33. Kali ini giliran Henri Saivet yang memberikan ancaman. Kapten Bordeaux itu mencoba mengarahkan bola dari sisi kiri gawang usai melewati adangan pemain The Reds. Namun upayanya gagal membawa tim unggul karena bola membentur pemain Liverpool. 

Kegagalan kedua tim mengkonversi peluang menjadi gol akhirnya membuat skor 0-0 bertahan hingga peluit babak pertama berakhir.

Performa kedua tim tidak banyak berubah pada awal babak kedua. Serangan Liverpool dan Bordeaux masih monoton dan kerap gagal mencapai sepertiga pertahanan lawan.

Pertandingan baru seru saat memasuki menit ke-57. Tepatnya setelah gelandang Liverpool, Adam Lallana nyaris mencetak gol hasil dari sepakan kencang dari luar kotak penalti. 

Lallana pula yang akhirnya membawa Liverpool unggul pada menit ke-65. Pemain berusia 27 tahun itu berhasil melewati kawalan pemain Bordeaux, Pablo, dan mencetak gol dengan sepakan terukur yang menghujam sisi kanan gawang tuan rumah.

Bordeaux bereaksi. Guna menambah daya gedor tim, pelatih Bordeaux, Willy Sagnol, menarik keluar Wahbi Khazri dan memasukkan Jussie pada menit ke-69. Lima menit kemudian, Sagnol kembali melakukan pergantian dengan memasukkan Andre Biyogo Poko untuk menggantikan Saivet.

Taktik Sagnol berbuah hasil maksimal. Bordeuax berhasil menyamakan skor setelah Jussie mencetak gol pada menit ke-81. Gol berawal dari aksi juggling Crivelli di kotak penalti. Bola yang terlepas dari Crivelli mendarat di kaki Jussie yang bergerak dari lini kedua. Tanpa ampun, Jussie menendang bola dengan sangat keras dan meluncur ke arah kiri gawang The Reds.

Bordeaux berulang kali melancarkan serangan dari kedua sayap untuk mencetak gol kemenangan pada sisa pertandingan. Namun semua upaya tuan rumah sukses dimentahkan bek-bek The Reds.  Skor 1-1 akhirnya bertahan hingga wasit meniup peluit babak kedua usai.

Susunan pemain

Bordeaux: Carrasso, Gajic, Pablo, Pallois, poundje, Saivet, Chantome, Maurice-Belay, Khazri, Rolan, Crivelli

Liverpool: Mignolet, Toure, Gomez, Sakho, Moreno, Coutinho, Lallana, Can, Ibe, Rossiter, Origi


(HIL)


Video /